Digelar Bulan Depan, Provinsi Riau Tuan Rumah IRFW 2024

Digelar Bulan Depan, Provinsi Riau Tuan Rumah IRFW 2024

7 September 2024
Usai pertemuan Penjabat Gubri dengan pengurus Puan Aspekraf Riau

Usai pertemuan Penjabat Gubri dengan pengurus Puan Aspekraf Riau

RIAU1.COM - Pagelaran International Riau Fashion Week (IRFW) tahun 2024 yang akan digelar pada tanggal 2 - 6 Oktober mendatang, Provinsi Riau dipercaya menjadi tuan rumah.

Ketua Puan Asosiasi Pelaku Ekonomi Kreatif (Aspekraf) Provinsi Riau, Irna Juita menjelaskan, selain untuk menyemarakkan hari batik nasional, kegiatan ini juga ditaja guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Riau, melalui penjualan batik khas Riau.

“Kita juga ingin memperkenalkan ragam motif batik Riau dan mengenalkan wisata Riau ke manca negara. Kita ingin menciptakan tren berbaju batik Riau,” katanya, Kamis, (5/9/2024).

Saat ini, sambung dia, berbagai designer lokal hingga manca negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Philipina telah mendaftar pada kegiatan IRFW tahun 2024 tersebut.

“Nanti akan ada perlombaan The Best IRFW dengan berbagai kategori yang diikuti oleh para designer,” ujar Irna Juita.

Selain perlombaan fashion show, pihaknya juga akan melangsungkan serangkaian acara lainnya seperti photoshoot dan malam anugerah untuk para pemenang The Best IRFW tahun 2024.

“Lokasinya akan kita gelar dibeberapa tempat. Untuk show case fashion show dan runway akan kita gelar di Mall SKA dan Hotel Grand Elite, sementara photoshoot akan kita laksanakan di Asia Heritage,” terangnya.

Menanggapi hal ini, Pj Gubri, Rahman Hadi mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut. Rahman Hadi memandang kegiatan IRFW dapat dimanfaatkan sebagai ajang untuk mempromosikan wastra Riau kekancah Internasional.

“Saya rasa ini untuk kebaikan kita bersama untuk mempromosikan budaya dan wisata daerah Riau ke manca negara. Kita sebagai tuan rumah, tentu ini harus dipersiapkan dengan maksimal,” tutur dia.*