Desa Mandiri Capai 853, Pemprov Riau Sebut karena Program P3PD

Desa Mandiri Capai 853, Pemprov Riau Sebut karena Program P3PD

20 September 2024
Kepala DinasPemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Riau, Djoko Edy Imhar

Kepala DinasPemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Riau, Djoko Edy Imhar

RIAU1.COM - Berdasarkan data terbaru, jumlah desa mandiri di Provinsi Riau telah mencapai 853 desa, sebuah peningkatan yang signifikan.

Prestasi tersebut kata Kepala DinasPemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Riau, Djoko Edy Imhar, tidak lepas dari kesuksesan program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat dan daerah. 

Dijelaskan, P3PD merupakan program pelatihan intensif ini diikuti oleh hampir seluruh desa di Riau dan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam mengelola pemerintahan dan pembangunan.

“Kami sangat mengapresiasi kerja keras seluruh pihak yang terlibat dalam program P3PD, terutama dari Kemendagri juga Dinas PMD kabupaten kota di Provinsi Riau,” kata Joko.

Lalu Joko mengaku, berkat program P3PD, Provinsi Riau berhasil naik peringkat dalam Indeks Desa Membangun (IDM) dan kini menempati posisi ketiga secara nasional di bawah Bali dan DIY Yogyakarta.

"Indeks Desa Membangun Provinsi Riau termasuk berstatus maju, sebab mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2022 masih di posisi 17 Nasional dan 2023 di posisi 7 Nasional. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas hidup masyarakat desa di Riau semakin membaik," sebut dia.

Meskipun demikian, sambung dia lagi, masih banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintah desa, salah satunya adalah pengelolaan anggaran yang semakin besar. 

"Namun, meski begitu pemerintah pusat dan daerah terus berkomitmen guna memberikan dukungan dan pendampingan kepada desa-desa di Provinsi Riau dalam mengatasi tantangan juga permasalahan dan perubahan untuk kemajuan desa demi kesejahteraan masyarakat kita," demikian Djoko.*