Cuaca Panas Melanda Riau, Ini Penjelasan BMKG

23 Oktober 2024
Ilustrasi/Shutterstock

Ilustrasi/Shutterstock

RIAU1.COM - Beberapa hari terakhir, suhu udara di Riau bisa mencapai 34 derajat celsius. Hal ini menunjukkan bahwa Riau mengalami kondisi cuaca yang cukup panas di siang hari.

Menurut prakirawan BMKG Pekanbaru, Bibin S, wilayah Riau saat ini secara umum telah memasuki musim hujan, dengan puncaknya diperkirakan terjadi pada bulan November hingga Desember 2024 mendatang.

"Beberapa hari terakhir, cuaca di Riau terasa cukup panas, yang disebabkan oleh gangguan tekanan rendah di Filipina, yakni Siklon Tropis "Trami", yang menarik massa udara panas tersebut," kata Bibin S.

Ia juga menyarankan masyarakat untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang dapat terjadi dalam beberapa hari mendatang, serta mengikuti perkembangan informasi prakiraan cuaca yang dikeluarkan secara berkala oleh BMKG untuk pengaturan aktivitas sehari-hari.

"Diharapkan informasi ini dapat membantu masyarakat Riau untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi perubahan cuaca dsn potensi hujan," jelasnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa wilayah Provinsi Riau hari ini.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan hujan yang disertai petir dan angin kencang di sejumlah daerah.

Pada pagi hari, cuaca di wilayah Riau diperkirakan cerah berawan hingga berawan. Namun, hujan ringan hingga sedang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Indragiri Hilir (Inhil).

"Siang hingga sore hari, hujan ringan hingga sedang diperkirakan turun di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan dan Inhil," ujar Prakirawan BMKG Pekanbaru, M Ibnu Amiruddin. Meskipun kondisi umum cuaca tetap cerah berawan, beberapa wilayah tersebut akan mengalami hujan.

Pada malam hari, sebagian wilayah Riau diprediksi masih akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Kabupaten Bengkalis, Siak, Pelalawan, Kampar, dan Meranti menjadi wilayah yang berpotensi mengalami hujan.

“Warga di daerah-daerah tersebut diimbau untuk waspada karena hujan dapat turun di malam hari, yang mungkin berdampak pada aktivitas mereka," tambahnya.

Memasuki Kamis (24/10/2024) dini hari, kondisi udara diprakirakan kabur hingga berawan, dengan hujan ringan hingga sedang di wilayah Pelalawan, Bengkalis, Meranti, Inhu, dan Inhil.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat di beberapa daerah waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang, terutama di wilayah Bengkalis, Meranti, dan Inhu.

“Waspadai potensi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang mulai dari pagi, sore, hingga malam atau dini hari,” tutur dia.*