Coklik Pilkada Serentak Riau 2024 Tuntas, DPS akan Disusun

Coklik Pilkada Serentak Riau 2024 Tuntas, DPS akan Disusun

27 Juli 2024
Ilustrasi/Antara

Ilustrasi/Antara

RIAU1.COM - Proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk Pemilihan Kepala Daerah 2024 oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang telah dilaksanakan sejak 24 Juni hingga 24 Juli 2024 di Provinsi Riau sudah selesai 100 persen.

Berdasarkan keterangan Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Provinsi Riau, Abdul Rahman, menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi berbagai pihak, seperti Pantarlih, PPS,  PPK, KPU Kabupaten/Kota se-Riau dan Bawaslu se-Riau, segenap stakeholder serta dukungan masyarakat yang turut berpartisipasi aktif dalam proses Coklit. 

"Ini menunjukkan komitmen kita semua dalam mewujudkan data pemilih Pilbup, Pilwako dan Pilgub Riau 2024 yang bersih, akurat, komprehensif dan mutakhir,"katanya akhir pekan ini.

Sambung dia, Coklit bertujuan untuk memastikan data pemilih yang akurat dan valid, sehingga setiap warga negara yang memenuhi syarat dapat menggunakan hak pilihnya. Proses ini melibatkan verifikasi dan pemutakhiran data pemilih secara langsung dengan mendatangi rumah-rumah warga, mencocokkan data dengan KTP elektronik dan kartu keluarga serta dokumen kependudukan lainnya.

"Kami berharap dengan data pemilih yang telah diperbaharui dan difaktualkan ini, Pilkada Riau 2024 akan berjalan lancar, transparan, dan demokratis. Kami juga mengimbau masyarakat untuk terus berpartisipasi aktif dan menjaga kondusifitas selama proses Pilgub berlangsung," sebutnya.

Tahap berikutnya jelas Rahman lagi yaitu penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang kemudian akan diumumkan untuk mendapatkan masukan dan tanggapan dari masyarakat. Proses ini diharapkan akan semakin memperkuat validitas data pemilih.*