Bupati HM Wardan Paparkan Potensi Kelapa pada Ajang Anugerah Kebudayaan PWI 2023

Bupati HM Wardan Paparkan Potensi Kelapa pada Ajang Anugerah Kebudayaan PWI 2023

5 Januari 2023
Bupati HM Wardan dalam pemaparannya

Bupati HM Wardan dalam pemaparannya

RIAU1.COM - Menjadi salah satu nominasi penerima anugerah budaya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan paparkan keunggulan serta potensi kelapa yang sangat membudaya di kabupaten Inhil, Rabu (4/01).

Di hadapan Dewan Pers Pusat serta berapa kepala daerah se Indonesia yang juga menjadi nominasi penerima anugrah budaya PWI tersebut, Bupati HM Wardan bersemangat menceritakan potensi alam Inhil salah satunya kelapa.

Bupati Inhil Drs HM Wardan MP menceritakan serta menjelaskan berbagai kegiatan masyarakat Inhil, yang lebih 80 persennya memanfaatkan kelapa sebagai sumber pendapatan.

"Kelapa memiliki sangat banyak manfaat, di mulai dari akar, batang, daun hingga buahnya dapat diolah menjadi barang yang bernilai ekonomis, masyarakat Inhil sudah menikmati hal tersebut dan menjadi sebuah budaya di kabupaten Inhil," ungkap Bupati.

Sambung dia, Kelapa juga merupakan identitas dari kabupaten Inhil dengan telah lahirnya berbagai seni budaya yang terinspirasi dari manfaat kelapa bagi kehidupan

"Inhil sudah memiliki suatu kesenian tari kelapa yang menceritakan bagaimana proses hidup tanaman kelapa serta kegiatan masyarakat dalam mengolahnya, ada juga berbagai furniture yang berasal dari pohon kelapa yang banyak di minati masyarakat, sert rumah papan yang juga berasal dari pohon kelapa dan menjadi ini sebagai budaya pemanfaatan pohon kelapa di kabupaten Inhil,"papar Bupati.*