BMKG Pekanbaru: Sebagian Besar Wilayah Riau Sore Ini Berpotensi Hujan

14 Oktober 2024
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Forecaster Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Sanya Gautami, menyampaikan rilis cuaca wilayah Riau, Senin 14 Oktober j2024.

“Siang hari cuaca masih akan didominasi cerah berawan, tetapi hujan ringan hingga sedang dapat terjadi di Kabupaten Siak, Kampar, dan Kepulauan Meranti,” ujar Sanya Gautami. 

Pada sore hingga malam hari, kondisi berawan akan meliputi sebagian besar wilayah Riau, dengan hujan yang terkonsentrasi di daerah Riau bagian tengah dan pesisir timur, termasuk di Kabupaten Bengkalis, Siak, Rokan Hilir, Kepulauan Meranti, Pelalawan, serta Kota Dumai dan Pekanbaru. 

Dini hari, Sanya menambahkan, akan terjadi udara kabur hingga berawan, dengan hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah. 

“Peringatan dini untuk waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berlaku di sejumlah daerah, termasuk Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kampar, Pelalawan, Kepulauan Meranti, dan Kota Pekanbaru, pada pagi, sore/malam, dan dini hari,” jelasnya.

Data cuaca hari ini menunjukkan suhu udara diperkirakan berkisar antara 22.0 hingga 33.0 °C, dengan tingkat kelembapan antara 60 hingga 99%.

Selain itu, kecepatan angin diprediksi berasal dari arah Selatan hingga Barat, berkisar antara 10 hingga 30 km/jam.

Sementara itu, tinggi gelombang di wilayah perairan Provinsi Riau diperkirakan berkisar antara 0.01-0.5 meter (tenang), namun perlu waspada terhadap potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah perairan Batam dan sekitarnya.

Untuk laporan hotspot, hingga pukul 23.00 WIB, tidak terdapat titik panas (hotspot) di wilayah Riau, sementara total hotspot di Sumatera tercatat satu titik di Sumatera Selatan.*