Berikut Sasaran Program Perlindungan Pekerja Rentan Disnaker Riau

13 Juni 2024
Peluncuran Program Pulut Ketan Disnaker Riau

Peluncuran Program Pulut Ketan Disnaker Riau

RIAU1.COM - Program Perlindungan Untuk Pekerja Rentan (Pulut Ketan) diresmikan Pj Gubernur Riau SF Hariyanto.

Pj Gubri mengatakan bahwa kegiatan launching ini untuk menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Sebut dia, Presiden telah memerintahkan seluruh elemen pemerintahan untuk mendukung pelaksanaan implementasi universal coverage melalui Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Dalam rangka peningkatan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di Provinsi Riau, hari ini kita melaunching program Perlindungan Untuk Pekerja Rentan di Provinsi Riau," sebut SF Hariyanto.

"Tajuk kegiatan ini yakni Pulut Ketan (Perlindungan Untuk Pekerja Rentan),"sambung dia.

SF Hariyanto menjelaskan, bahwa peluncuran Pulut Ketan adalah untuk pemerataan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, mengingat pentingnya hubungan sosial antar sesama manusia baik dalam keluarga, kerabat maupun persahabatan.

Sedangkan sasaran peserta program Pulut Ketan ini adalah pekerja yang berada di lingkungan sekitar seperti asisten rumah tangga (ART), supir pribadi, tukang kebun, satpam perumahan, anggota keluarga atau kaum kerabat serta tetangga terdekat.

"Kemudian pekerja sektor informal yang rentan mengalami resiko kerja dan resiko sosial serta berpenghasilan rendah, serta pekerja rentan," ujar dia lagi.

"Mari kita dukung program ini, sehingga dengan cakupan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang lebih luas dan lebih banyak pekerja yang terlindungi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan, mengurangi kerentanan sosial dan keadilan secara ekonomi di Provinsi Riau," tukasnya.*