Berikut Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Santri Tingkat Provinsi Riau

26 Oktober 2024
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, H Muliardi

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, H Muliardi

RIAU1.COM - Peringatan Hari Santri tingkat Provinsi Riau akan digelar Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau bersama Pemerintah Provinsi Riau dan Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Provinsi Riau 27-28 Oktober 2024 di Kabupaten Bengkalis.

"Kegiatan akan dihadiri sekitar 4000 santri dari berbagai pondok pesantren yang ada di Riau, terdiri dari pimpinan pondok pesantren, guru dan tenga kependidikan, dengan Tema Hari Santri Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan,"kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, H Muliardi akhir pekan ini.

Lalu dia menjelaskan pentingnya memperingati Hari Santri dalam rangka mengenang peran besar para kiai, ulama dan santri dalam memperjuangannya melawan dan mengusir penjajah dari bumi Indonesia melalui resolusi jihad yang prakarsai oleh KH Hasyim Asyari pada 22 Oktober 1945.

“Sejarah membutkikan bahwa para santri bersama pejuang lainnya pempunyai peran yang sangat penting dalam merebut kembali kedaultan NKRI. Semoga dengan perinatan Hari Santri ini menjadi motivasi para kiyai, ulama dan santri untuk mencapai Indonesia yang madnri dan bermartabat di mata dunia,” harapanya.

Sementara itu, Pantia Penyelenggara Hari Santri yang juga merupakan Kabid Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Papkis), H Dahlan menyebutkan, kegiatan Hari Santri 2024 akan diisi dengan Upacara Apel Peringatan Hari Santri 2024 dengan Inspektur Upacara direncanakan Pj Gubernur Riau, Perkemahan Hari Santri, Expo dan Pameran Hari Santri dan Masyarakat se Indonesia, Seminar Pendidikan dan Kepesantrenan, Santri Bersholawat dan Pencak Silat Cahmpion Shiop se Provinsi Riau.

Khusus seminar kepesantrenan akan mengangkat dua tema besar, yaitu optimalisasi potensi waqaf dan digitalisasi ekosistem kepesantrenan yang menghadirkan narasumber dari pesantren Tazakka Jawa Tengah.

“Rangkaian Kegiatan akan dilaksanakan mulai tanggal 23-28 Oktober dibeberapa titik di Kabupaten Bengkalis, seperti di Balai Diklat, Bumi Perkemahan Pawang Perkasa, Gedung Cik Puan, Pendopo Wisma Sri Mahkota, dan Lapangan Tugu Bengkalis,” jelas Dahlan.

Selain upacara, peringatan Hari Santri kali ini juga diwarnai dengan berbagai lomba dan pameran.

“Melalui berbagai kegiatan ini, kami ingin memperkuat silaturahmi antarpondok pesantren serta mempromosikan kreativitas santri,” jelasnya. “Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat santri dan masyarakat dalam mewujudkan nilai-nilai luhur yang diajarkan dalam pesantren,” sebut dia.*