Berikut Prakiraan Cuaca Wilayah Bengkalis dan Dumai Malam Ini

7 Oktober 2024
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Forecaster On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Deby C menyampaikan, bahwa hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan melanda beberapa wilayah di Riau,  Senin, 7 Oktober 2024, terutama pada siang hingga sore hari.

"Memasuki siang hingga sore hari, wilayah Riau akan terus diliputi kondisi berawan, namun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi turun di sebagian wilayah Kabupaten Siak, Kampar, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Bengkalis, Indragiri Hilir, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru,"kata dia.

Deby C memberikan peringatan dini kepada masyarakat terkait potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, terutama di wilayah Kabupaten Kampar, Siak, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Bengkalis, Indragiri Hilir, dan Kota Dumai pada siang dan sore hari.

"Kami mengimbau masyarakat di wilayah yang diprakirakan akan mengalami hujan lebat untuk waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, genangan air, dan angin kencang yang dapat terjadi di beberapa daerah," ujarnya.

Pada malam hari, kondisi cuaca akan tetap berawan, dengan hujan ringan yang diperkirakan melanda beberapa wilayah, terutama Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai.

Menjelang dini hari, cuaca akan kembali ke kondisi udara kabur dan berawan di sebagian besar wilayah Provinsi Riau. Suhu udara pada hari ini diperkirakan berkisar antara 23,0 hingga 33,0 °C, dengan kelembapan udara antara 60 hingga 99 persen.

Angin bertiup dari arah tenggara hingga selatan dengan kecepatan antara 10 hingga 30 km/jam. Sementara itu, di wilayah perairan Riau, tinggi gelombang laut diperkirakan berada dalam kategori rendah, yakni antara 0,50 hingga 1,25 meter.

"Masyarakat dan nelayan tetap diminta waspada terhadap potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang di wilayah perairan Riau dan Kepulauan Riau," jelasnya.*