Berikut Prakiraan Cuaca untuk Dua Kota di Riau Malam Ini

9 Oktober 2024
Ilustrasi/Pixabay.com

Ilustrasi/Pixabay.com

RIAU1.COM - Rilis prakiraan cuaca untuk Provinsi Riau pada Rabu, 9 Oktober 2024 disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru.

Siang hingga sore hari, kondisi berawan akan terus berlanjut, dengan hujan ringan hingga sedang yang kemungkinan mengguyur Kabupaten Kepulauan Meranti, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Bengkalis, Siak, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru.

BMKG juga memprediksi pada malam hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan terjadi di wilayah Kampar, Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Kota Dumai, dan Pekanbaru.

Sementara pada dini hari, hujan ringan hingga sedang diperkirakan melanda Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Siak, dan
Bengkalis.

"Masyarakat diimbau untuk tetap waspada, terutama di sore dan malam hari. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah seperti Rokan Hilir, Rokan Hulu, Pelalawan, Indragiri Hilir, dan Kepulauan Meranti," imbau Forecaster BMKG Pekanbaru, Sanya G.

Selain itu, BMKG juga mencatat total titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera sebanyak 40 titik.

"Di Riau sendiri, terdapat dua titik panas yang terpantau di Kabupaten Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu," jelasnya.

Kemudian, gelombang laut di wilayah perairan Riau diperkirakan tenang dengan tinggi gelombang berkisar antara 0,01 hingga 0,05 meter.

"Namun, masyarakat yang berada di wilayah perairan Batam dan Bintan perlu waspada terhadap potensi cuaca buruk berupa hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang," imbaunya lagi.

Selanjutnya, untuk suhu udara diantara 22.0 – 33.0°C, dengan kelembapan udara 60 – 99%, angin bertiup dari Selatan menuju Barat dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

"Dengan kondisi cuaca yang diprediksi seperti ini, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati, terutama bagi yang beraktivitas di luar ruangan atau di wilayah pesisir yang berpotensi terdampak hujan lebat dan angin kencang," tukasnya.*