Berikut Potensi Hujan di Wilayah Riau Dini Hari Nanti

Berikut Potensi Hujan di Wilayah Riau Dini Hari Nanti

31 Agustus 2024
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG, cuaca di wilayah Riau pada Sabtu, 31 Agustus 2024, akan bervariasi mulai dari pagi hingga dini hari.

Potensi hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah, yaitu Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Indragiri Hulu, dan Kota Dumai.

Pada malam hari, cuaca diprediksi cerah berawan hingga berawan, sementara pada dini hari akan terjadi kondisi udara kabur dan berawan.

Dengan suhu udara yang berkisar antara 23.0 hingga 34.0 °C dan kelembapan udara mencapai 55 hingga 98 persen, masyarakat diimbau untuk tetap waspada, terutama saat berkegiatan di luar ruangan.

Angin yang bertiup dari tenggara hingga barat daya dengan kecepatan 10-30 km/jam juga perlu diantisipasi.

Forecaster BMKG Pekanbaru, Gita Dewi S, menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap perubahan cuaca, terutama di daerah yang berpotensi hujan.

"Meskipun tidak ada peringatan dini untuk wilayah Riau, kami tetap mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati saat beraktivitas di luar, terutama di malam hari dan menjelang dini hari. Kondisi udara yang kabur juga perlu diantisipasi, terutama bagi mereka yang bepergian," ujarnya.

Meski tidak ada peringatan dini dari BMKG untuk wilayah Riau, masyarakat tetap diminta waspada terhadap perubahan cuaca yang tiba-tiba, terutama di daerah yang berpotensi hujan.

Selain itu, bagi yang berencana melakukan aktivitas di laut, prakiraan tinggi gelombang laut di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter, yang masih dalam kategori rendah.

BMKG juga melaporkan adanya total 38 titik panas (hotspot) di wilayah Riau, dengan rincian 28 titik di Kabupaten Indragiri Hilir, 6 titik di Kabupaten Indragiri Hulu, dan 4 titik di Kabupaten Kuantan Singingi. Masyarakat di sekitar wilayah-wilayah ini diminta untuk selalu waspada terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan.*