Baznas Riau Ternyata Punya Rumah Singgah Gratis untuk Penderita Kanker

Baznas Riau Ternyata Punya Rumah Singgah Gratis untuk Penderita Kanker

3 Juli 2024
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Riau, H. Masriadi Hasan

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Riau, H. Masriadi Hasan

RIAU1.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau menyiapkan rumah singgah bagi penderita penyakit kanker di Pekanbaru. Komitmen ini bertujuan dalam membantu masyarakat yang melakukan rawat jalan.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Riau, H. Masriadi Hasan, menjelaskan bahwa saat ini sudah ada dua rumah singgah yang siap di huni masyarakat memerlukan. Rumah singgah ini berlokasi strategis di pusat kota Pekanbaru, dekat dengan beberapa rumah sakit rujukan untuk pasien kanker. 

"Kapasitasnya untuk saat ini ada 23 kamar. Sehingga bagi masyarakat luar kota bisalah mereka untuk memanfaatkannya," kata dia.

Diterangkan, program tersebut ditujukan untuk kategori dhuafa. Ia menambahkan, adanya rumah singgah ini, semakin banyak penderita kanker yang terbantu dan dapat menjalani pengobatan dengan lebih tenang.

"Rumah singgah itu merupakan bentuk respon kita terhadap banyaknya pasien luar daerah yang rawat jalan. Sebagian besar diantara mereka itu adalah dhuafa jadi tidak mungkin menyewa tempat atau hotel maka kita buat rumah singgah untuk mengakomodirnya agar tetap di Pekanbaru," terangnya.

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi untuk menggunakan rumah singgah, yaitu :Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk pasien dan pendamping pasien, Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM),Surat Rekomendasi dari BAZNAS setempat / surat kontrol sakit, Foto rumah tampak depan serta foto Pasien 

Selanjutnya hal-hal yang perlu diperhatikan pasien dan pendamping. Antaralain :

Rumah Singgah BAZNAS Provinsi Riau hanya memfasilitasi 2 orang (pasien dan pendamping pasien).

Pasien/pendamping Rumah Singgah BAZNAS Provinsi Riau harus bersedia mengikuti SOP yang telah ditetapkan.

Masuk dan Keluarnya Pasien harus dilaporkan ke Pengurus Rumah Singgah BAZNAS Provinsi Riau.

Lokasi Rumah Singgah BAZNAS Provinsi Riau, pertama berada di Jalan Hangtuah Ujung No 124c Kelurahan Suka Mulya, Kecamatan Sail Kota Pekanbaru. Kemudian, rumah Singgah kedua, Jl. Diponegoro No 29, Suka Mulya, Sail Kota Pekanbaru.*