ASN Pemprov Riau Kembali Diingatkan soal Netralitas di Pilkada

ASN Pemprov Riau Kembali Diingatkan soal Netralitas di Pilkada

18 September 2024
Pj Gubernur Riau (Gubri), Rahman Hadi

Pj Gubernur Riau (Gubri), Rahman Hadi

RIAU1.COM - Rapat koordinasi (Rakor) netralitas aparatur sipil negara (ASN) pada Pemilihan Serentak 2024 diikuti Pj Gubernur Riau (Gubri), Rahman Hadi bersama Bawaslu yang diikuti oleh kepala daerah se Indonesia, di Jakarta, Selasa (17/9). 

Rakor tersebut dalam rangka untuk menyiapkan langkah strategis salah satunya dengan memaksimalkan upaya pengawasan serta penindakan pelanggaran netralitas ASN. 

Usai mengikuti Rakor tersebut, Pj Gubri juga menegaskan agar seluruh ASN di lingkungan Pemprov Riau agar bersikap netral dalam Pilkada Serentak 2024 mendatang. 

Kata dia, netralitas ASN ini penting untuk dijaga dalam Pilkada, bahkan akan ada sanksi jika ASN tidak netral sesuai dengan edaran Menteri PAN-RB. 

Sebab itu dia berharap adanya koordinasi seluruh stakeholder agar bisa sama-sama menjaga netralitas ASN.

"ASN di lingkungan Pemprov Riau harus netral dalam Pilkada Serentak 2024 mendatang,"ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, mengatakan bahwa netralitas ASN adalah salah satu isu paling rawan dalam Pilkada 2024. 

 "Dalam indeks kerawanan Pilkada atau pemilihan yang Bawaslu keluarkan, maka isu netralitas ASN adalah isu ketiga yang terawan dalam pemilihan kepala daerah,"tutur dia.*