APDESI Harus Menguatkan Kolaborasi dengan Pemda di Riau

17 Oktober 2024
Pelantikan Pengurus DPD APDESI Riau periode 2024-2019

Pelantikan Pengurus DPD APDESI Riau periode 2024-2019

RIAU1.COM - Sekretaris Dinas (Sekdis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Riau, Aswandi menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Riau di  Pekanbaru, Rabu (16/10/2024).

"Atas nama Pemerintah Provinsi Riau, saya mengucapkan selamat atas pelantikan Pengurus DPD APDESI Riau Masa Bakti 2024-2029. Ini adalah langkah baik untuk memperkuat organisasi Desa di Provinsi Riau ke depannya," kata Aswandi.

Sebut dia, APDESI adalah rohnya masyarakat desa. Maka dari itu, Sekretaris Dinas Dukcapil Riau berharap pelantikan ini menjadi momentum penting dalam upaya memperkuat dan memajukan desa-desa di Provinsi Riau.

"Semoga dengan pelantikan APDESI Provinsi Riau, dapat memberikan warna dan kontribusi dalam mewujudkan desa yang maju dan sejahtera ke depannya di Bumi Lancang Kuning. Kemudian memberikan dampak yang positif pada masyarakat dan pembangunan desa," ujarnya.

Pemprov Riau kata dia, mengharapkan DPD APDESI memiliki peran dalam mendampingi pemerintah desa dalam melaksanakan program pembangunan. Hal itu dilakukan agar kegiatan dalam pembangunan berjalan sesuai rencana sehingga terwujud kemakmuran desa.

"Mari kita terus bergandengan tangan, karena tujuan kita sama dalam mewujudkan pembangunan desa. Maka dari itu, APDESI harus bisa menguatkan sinergi dan kolaborasi bersama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota serta seluruh perangkat desa, guna mewujudkan kesejahteraan di bidang ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan lingkungan," ajaknya.

Kemudian Aswandi mengharapkan melalui Pelantikan Pengurus DPD APDESI Provinsi Riau ini mampu membangun komitmen dan sinergitas dalam penyelenggaraan kebijakan dan pengentasan permasalahan-permasalahan di desa dan daerah.

"Sehingga percepatan pembangunan di segala aspek dapat terwujud. Kita semua juga berharap tentunya desa-desa Riau di masa yang akan datang menjadi desa yang dapat mensejahterakan masyarakatnya," tukasnya.*

Untuk diketahui, pengurus DPD APDESI Riau periode 2024-2029 dinakhodai Zulfahrianto, dan dilantik Ketua Umum DPP APDESI Surta Wijaya dan disaksikan oleh Direktur Fasilitasi Perencanaan, Keuangan, dan Aset Pemerintahan Desa di Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) Lutfi, Forkopimda Provinsi Riau.*