Alquran Maqari akan Disalurkan pada 8 Daerah Kabupaten Kota di Riau

19 Januari 2024
Saat penyaluran Alquran terbitan Maqari di Kampar

Saat penyaluran Alquran terbitan Maqari di Kampar

RIAU1.COM - Penyaluran waqaf al-Qur'an terbitan Maqari ke beberapa Kabupaten/Kota di Riau tengah dilakukan Wakil Direktur Majelis Al-Qur'an Riau (Maqari) Muhammad Fakhri.

Fakhri menyebutkan, penyaluran Al-Qur'an dibeberapa pondok pesantren di Riau dilakukan bersama Ketua Umum LPTQ Riau H. Ahmad Syah Harrofie, Ketua BWI Riau Abd Rasyid dan Ketua Silaturrahmi Qurra' Riau Maghfirah.

"Al-Qur'an terbitan Maqari ini adalah waqaf dari ASN Pemda Riau. Melalui bantuan ini diharapkan Al-Qur'an semakin membumi di Provinsi Riau. Artinya, Al-Qur'an selalu dibaca, dihafal, dipahami, diamalkan dan didakwahkan di bumi Kancang Kuning dan pahalanya senantiasa mengalir kepada yg berwaqaf," kata dia pertengahan pekan ini.

Lebih rinci Fakhri menjelaskan, dalam pekan pertama dan kedua Januari 2024, ia bersama tim telah menyalurkan bantuan alquran di 4 Kabupaten Kota.

"InsyaAllah penyaluran Al-Qur'an ini akan dilanjutkan ke 8 Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Riau," terangnya.

Penyaluran pertama ke Kabupaten Pelalawan pada hari Kamis 4 Januari 2024. Sebanyak 240 untuk LPTQ, Ormas Islam dan Rumah Tahfizh, serta 40 untuk pesantren Hidayatul Ma'rifiyan dan Al-Muslimun.

"Bantuan tersebut diterima langsung sekretaris LPQ Pelalawan dan pimpinan pesantren penerima bantuan," ujarnya.

Kedua, ke Kabupaten Kampar pada hari Senin 8 Januari 2024 sebanyak 240 eks untuk LPTQ, Ormas Islam dan rumah tahfizh serta 120 eksamplar untuk 6 pesantren. Bantuan diterima langsung oleh Pj Bupati Kampar.

Ketiga, di Kota Dumai pada hari Kamis 11 Januari 2024 sebanyak 200 eksamplar untuk LPTQ, Ormas Islam dan rumah tahfizh, serta 120 eks untuk enam pesantren. Bantuan diterima langsung oleh walikota dan sekda dumai.

Keempat, Kabupaten Bengkalis sebanyak 200 eks untuk LPTQ, Ormas Islam dan rumah tahfiz, serta 120 eksamplar untuk enam pesantren. Bantuan diterima langsung oleh LPTQ Bengkalis dan pesantren penerima bantuan.