Akhirnya Masyarakat Inhil Dapat Bantuan Obat Pengendalian Malaria

15 Oktober 2024
Obat malaria dari Kemenkes yang tiba di Riau

Obat malaria dari Kemenkes yang tiba di Riau

RIAU1.COM - Bantuan obat-obatan untuk pencegahan dan pengendalian malaria diterima Dinas Kesehatan (Diskes) Riau dari Kementerian kesehatan (Kemenkes) awal pekan ini. Bantuan tersebut sebelumnya diminta untuk mengatasi malaria yang sedang terjadi di Riau utamanya di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Penanggungjawab malaria fungsional epidemiologi madya Dinas Kesehatan Provinsi Riau Musfardi Rustam mengatakan, begitu sampai di Pekanbaru. Obat-obat tersebut akan langsung di distribusikan ke daerah yang saat ini sedang terjadi kasus malaria cukup tinggi yakni Kabupaten Inhil.

“Obat-obat an bantuan Kemenkes sudah sampai di Pekanbaru. Selanjutnya akan segera kami distribusikan seperti ke Inhil,” katanya, Senin (14/10).

Dijelaskan Musfardi, selain distribusi obat, agar penanganan malaria lebih efektif, Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan kabupaten terkait telah memperkuat kesiagaan dalam menangani potensi lonjakan kasus malaria. Tim medis lokal telah disiapkan untuk memberikan pengobatan dan mencegah penularan lebih lanjut.

“Dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat, diharapkan penularan malaria di Riau dapat ditekan, dan masyarakat dapat kembali hidup sehat serta terhindar dari bahaya penyakit tersebut,” harapnya.

Musfardi menghimbau masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat, membersihkan lingkungan sekitar, dan memakai kelambu untuk mencegah masuknya nyamuk malaria.

"Untuk pencegahan semakin banyaknya kasus malaria, masyarakat diimbau untuk hidup sehat, membersihkan lingkungan sekitar, terutama sanitasi, dan memakai kelambu agar tidak digigit nyamuk, karena ini cara yang paling efektif," imbaunya.*