Kenduri Riau 2022 Dimulai, Siapkan 62 Booth untuk Komunitas dan Pelaku Ekraf

Kenduri Riau 2022 Dimulai, Siapkan 62 Booth untuk Komunitas dan Pelaku Ekraf

29 September 2022
Flyer Kenduri Riau 2022

Flyer Kenduri Riau 2022

RIAU1.COM - Dinas Pariwisata Provinsi Riau menggelar events Kenduri Riau 2022. Agenda pariwisata nasioal yang telah masuk dalam 100 Kalender Events Nusantara Kemenparekaf itu digelar mulai 29 September sampai 2 Oktober 2022.

Kenduri Riau 2022 memilih lokasi di Komplek Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai) purna MTQ Jalan Sudirman, Pekanbaru. Seratusan pelaku ekonomi kreatif turut hadir meramaikan kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, kegiatan itu juga didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sedikitnya ada 62 booth gratis untuk pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) dan komunitas.

"Kami telah menyiapkan  62 booth untuk komunitas dan pelaku ekraf yang terdiri dari pelaku fesyen, seni rupa, aplikasi, desain produk, komunitas pecinta hewan dan hobi lainnya," kata Roni, Kamis (29/9/2022) di Pekanbaru.

Dijelaskan dia, sebelumnya sebanyak 200 pelaku Ekraf dan komunitas telah mendaftar untuk berpartisipasi pada events tersebut. Namun, setelah melalui proses kurasi akhirnya pihak kurator memutuskan hanya ada 62 yang bisa diikutsertakan.

Roni mengatakan, berbagai perlombaan juga digelar pada events ini, di antaranya lomba mural, nasyid, kompang, lomba tari, lomba masak, festival band dan ditutup dengan acara malam puncak pemilihan Bujang Dara Riau 2022.

Loading...

Selain itu, kata Roni, pada hari ke-4 Kenduri Riau 2022 juga akan menampilkan 11 film pendek karya sineas muda Riau.

"Pada events Kenduri Riau tahun ini akan menampilkan 11 film pendek karya sineas Riau. Selain itu ada 27 penampilan seni pertunjukan lainnya. Events ini akan dibuka ," ujar Roni.

"Kenduri Riau ini sudah dimulai dengan bazar hari ini, Kamis, 29 September 2022. Namun, openingnya akan dilakukan besok pada tanggal 30 September 2022. Nanti pak Gubernur Riau Syamsuar langsung yang akan membuka events ini," imbuh Roni.

Selain Gubernur Riau, opening Kenduri Riau ini juga akan dihadiri oleh Deputi Pemasaran Kemenpar, Staf Ahli Menteri Kemenpar, Menteri Pariwisata Melaka, Kadispar DKI, Kadispar Banten dan sejumlah tamu penting lainnya.*