Wisman Masuk Riau 98 Persen Melalui Pelabuhan Dumai

Wisman Masuk Riau 98 Persen Melalui Pelabuhan Dumai

3 September 2022
Pelabuhan Dumai

Pelabuhan Dumai

RIAU1.COM - Sektor pariwisata di Riau mulai bangkit. Hal itu berdasarkan jumlah wisman yang datang ke Riau pada bulan Juli tercatat 3.872 kunjungan atau naik 45,78 persen. 

Setelah operasional Pelabuhan Penumpang Internasional Dumai-Malaka resmi dibuka, daerah yang dijuluki Bumi Lancang Kuning itu, kembali ramai menjadi tempat tujuan wisata maupun perlintasan wisatawan mancanegara (Wisman).

Kondisi itu karena secara geografis Provinsi Riau adalah satu di antara provinsi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia dan Singapura, kini bangkit melalui sektor pariwisata. 

"Alhamdulillah, jumlah wisman yang datang ke Riau pada bulan Juli sebanyak 3.872 kunjungan atau naik 45,78 persen dari bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 2.656 kunjungan," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Misfaruddin, Sabtu (3/9/2022).

Dikatakan Misfaruddin, jika dilihat jumlah wisatawan mancanegara menurut pintu masuk, jumlah wisatawan mancanegara yang masuk melalui pelabuhan Dumai sebanyak 3.795 kunjungan atau 98,01 persen. 

Jumlah pelancong tersebut dari seluruh jumlah wisman, dan yang melalui pelabuhan Bengkalis ada sebanyak 45 kunjungan atau 1,16 persen.

"Sedangkan jumlah wisman yang tercatat masuk dari Bandara SSK II sebanyak 32 kunjungan wisman atau 0,83 persen dari seluruh jumlah wisman," jelasnya.

Meski tak sampai satu persen, kata Misfaruddin, angka ini sudah menunjukkan peningkatan. Sebab, ujar dia, wisman yang masuk ke Riau berkurang drastis mulai April 2020. Hingga tidak ada wisman yang berkunjung ke Riau melalui pintu masuk Bandara SSK II. 

"Selanjutnya, selama tahun 2021 hingga Juni 2022, tidak ada wisman yang tercatat datang ke Riau melalui Bandara SSK II," tandasnya.*