Sinergi dan Kolaborasi Pemberdayaan UMKM di Riau, BPPK RI: Jadi Contoh Bagi Provinsi Lain

24 Agustus 2022
Kepala BPPK RI, Andin Hadiyanto

Kepala BPPK RI, Andin Hadiyanto

RIAU1.COM - Kegiatan sinergi dan kolaborasi pemberdayaan UKMK berkelanjutan dan penandatanganan nota kesepahaman antara Kemenkeu satu dan seluruh Pemerintah Daerah Provinsi Provinsi Riau diapresiasi khusus Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Andin Hadiyanto.

“Kebanggaan bagi Kemenkeu. Ini yang pertama di Indonesia dan akan kita jadikan contoh untuk Provinsi lain,” ucapnya di Kakanwil DJPB Riau, Selasa (23/8)

Andin menuturkan, BPPK memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan, membina kompetensi 80.000 pegawai Kemenkeu mulai dari awal pegawai tersebut masuk sampai ia berkarir di Kemenkeu

“Ibu Menteri menekankan bahwa, BPPK tak hanya mendidik atau memberikan pelatihan pegawai Kemenkeu. Tapi juga pelatihan kepada Kementerian Lembaga lain dan Instansi Daerah,” ujarnya.

Tahun 2021 BPPK telah memberikan pelatihan kepada 360 ribu orang dan 105 ribu kepada pegawai Kementerian Lembaga dan Instansi Daerah

“Kami merasa senang sekali memiliki stakeholder dari Instansi Daerah. Terutama hal – hal yang terkait dengan pengelolaan keuangan Daerah. Mulai dari perencanaan dan penganggarannya, tata Kelola pelaksanaannya, termasuk dukungan yang lain seperti pengelolaan BLU Daerah,” jelas Andin.

Hal ini memberikan semangat bagi BPPK untuk terus memberikan dukungan pembinaan dan pelatihan kepada BLU di Indonesia

“Selain itu, Kemenkeu juga memiliki Special Mision Vehicle kita mempunyai BUMN dan BLU dibawah Kemenkeu yang tujuannya antara lain turut berpartisipasi membina dan mengembangkan UMKM,” tutur dia.

“Saya juga telah meninjau secara langsung Kantor Balai Diklat di Pekanbaru sangat bagus. Silahkan dipergunakan oleh Kepala Desa, Kabupaten/Kota untuk melakukan pembinaan yang bisa dilakukan secara offside maupun daring. Sehingga standar pengelolaan keuangan di Daerah menjadi semakin baik,” sebut dia lagi.*