Bertambah Jamaah Haji Asal Riau Meninggal di Tanah Suci

14 Juli 2022
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Jamaah haji asal Kecamatan Tambang Kampar, kloter 5 BTH atas nama Tuongku Rasai Marusin Jali (63) meninggal dunia di Rumah Sakit An Nur Arab Saudi, Rabu (12/7/22) pukul 12.00 WAS. 

Hal itu di sampaikan Ketua kloter 5 BTH, Syamsuatir melalui pesan WhatsApp yang  melaporkan kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Riau bahwa salah satu jamaah haji asal Provinsi Riau meninggal dunia.

“Innalilahiwainnailaihirojiun, telah meninggal dunia salah seorang jamaah haji kloter 5 BTH atas nama Tuongku Rasai Marusin Jali beralamat di Kecamatan Tambang dengan nomor porsi 0400081871, meninggal siang ini di RSAS An Nur Arab Saudi Pukul 12.00 WAS” kata Syamsuatir yang dikutip pada akun resmi Kemenag RI.

Kata Syamsuatir yang didampingi dokter kloter Febrinawati dan paramedic Bustami, serta istrinya Sariado mengatakan bahwa jamaah tersebut meninggal karena komplikasi dan diabetes.

“Alhamdulillah sampai kemaren beliau masih bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji mulai dari Wukuf di padang arafah, mabid di Musdalifah bahkan untuk melontar jumrah. Beliau sengaja mengambil nafar tsani dengan semangat yang tinggi. Tidak ada tanda apa-apa yang dilihat, bahkan sore kemaren beliau masih tampak segar dan menurut pengakuan istri beliau, beliau sengaja meminta untuk di fotokan sebagai kenang-kenangan bagi anak-anak beliau. Tadi malam beliau langsung drop dan kami langsung merujuk. Beliau wafat setelah menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji dan dikuburkan di Sharaya” papar Syamsuatir.

Sementara itu, Dr. H. Mahyudin, selaku Wakil Ketua I PPIH EHA Riau yang juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau mengetahui informasi tersebut menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya jamaah haji pada kloter 5 BTH tersebut.

“Atas nama PPIH Embarkasi Haji Antara Riau, saya mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya salah seorang jamaah haji atas nama Tuongku Rasai Marusin Jali berasal dari Kabupaten Kampar. Semoga Almarhum ditempatkan bersama orang-orang beriman, keluarga yang ditinggalkan tabah menghadapinya. Khusus istri beliau yang mendampingi untuk tabah dalam ujian tersebut, kepada petugas kloter saya minta untuk dapat menyelesaikan penyelenggaraan jenazahnya” ucap dia.

Diketahui sudah 3 orang jamaah haji asal Provinsi Riau yang meninggal dunia, salah satunya asal Kecamatan Tambang, kabupaten Kampar, Tuongku Rasai Marusin Jali (63) memegang nomor porsi 0400081871 meninggal pada tanggal (12/7/22) Pukul 12.00 WAS di RSAS An Nur karena Komplikasi (Dre)*