Sinergi PLN UP3 Pekanbaru Bersama Pemerintah Daerah, Tingkatkan Pelayanan Kelistrikan Masyarakat di Kabupaten Pelalawan

Sinergi PLN UP3 Pekanbaru Bersama Pemerintah Daerah, Tingkatkan Pelayanan Kelistrikan Masyarakat di Kabupaten Pelalawan

12 Juli 2022
Foto bersama usai pertemuan

Foto bersama usai pertemuan

RIAU1.COM - Bertempat di kantor Bupati Pelalawan, H. Zukri menerima langsung kunjungan Manager PLN UP3 Pekanbaru, Wira Bhakti Dharma dan Manager PLN ULP Pangkalan Kerinci, Bagdhad Mushanif Surakhman belum lama ini.

Dalam pertemuan ini, Wira Bhakti Dharma selaku Manager PLN UP3 Pekanbaru menyampaikan upaya penguatan pasokan kelistrikan di Desa Teluk Dalam dengan menambahkan 1 unit pembangkit diesel dengan kapasitas 200 kW sudah dioperasikan oleh PLN sejak tanggal 30 Juni 2022.

"Sehingga jumlah pembangkit yang beroperasi di Desa Teluk Dalam bertambah menjadi 10 unit pembangkit. Dengan bertambahnya kapasitas pembangkit diharapkan mampu mendukung aktivitas dan meningkatkan perekonomian masyarakat disana” kata dia.

Wira juga menyampaikan bahwa PLN sebagai operator dalam menjalankan instruksi pemerintah sudah menjalankan penyesuaian tarif listrik per tanggal 01 Juli 2022, penyesuaian tarif listrik tersebut diberlakukan kepada pelanggan non subsidi.

"Sekitar 2,21 % pelanggan PLN untuk Rumah Tangga Mampu (Daya 3500 VA keatas) dan Pemerintah akan berdampak terhadap penyesuaian tarif listrik tersebut di Kabupaten Pelalawan,"sebut dia.

Wira juga menambahkan, penyesuaian tarif tersebut dipengaruhi oleh 4 faktor yaitu Nilai tukar mata uang Dollar Amerika terhadap mata uang Rupiah, Indonesian Crude Price (ICP), Inflasi, dan Harga patokan batubara.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Pelalawan, H. Zukri menanggapi dengan baik atas penyampaian PLN, bahwa pemerintah menetapkan penyesuaian tarif listrik ini demi mewujudkan listrik yang berkeadilan bagi masyarakat.

“Saya dan jajaran pemerintah Kabupaten Pelalawan menyampaikan peran penting PLN dalam mendukung kegiatan pembangunan, pendidikan, peningkatan ekonomi demi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pelalawan dan kami siap mendukung” ucap Zukri.

Selanjutnya Zukri juga akan menghimbau kepada Camat, Lurah dan seluruh jajaran pemerintah demi keandalan pasokan listrik dan demi keselamatan masyarakat.

"Untuk masyarakat kami berharap mengikhlaskan tanamannya yang mendekati jaringan listrik PLN untuk dipangkas demi keselamatan masyarakat dan keandalan pasokan listrik,"tutur bupati Zukri.*