Pra-UKW dan UKW Gratis akan Digelar SPS Riau bersama PWI Riau

Pra-UKW dan UKW Gratis akan Digelar SPS Riau bersama PWI Riau

6 Juli 2022
Ketua SPS Riau, Khairul Amri

Ketua SPS Riau, Khairul Amri

RIAU1.COM - Untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas serta profesionalisme wartawan, PWI Riau bersama Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Riau menggelar Pra-Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan UKW untuk wartawan di Riau.

Dijadwalkan Pra-UKW pada 29 Agustus 2022. Sedangkan UKW diselenggarakan selama dua hari, 30-31 Agustus 2022 di Pekanbaru. Pendaftaran sudah dimulai sejak sekarang dan ditutup dua pekan menjelang Pra-UKW atau apabila kuota sudah terpenuhi.

Ketua SPS Cabang Riau Khairul Amri didampingi Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang kepada wartawan di Hotel Premier, Rabu (6/7/2022) menjelaskan,  UKW kerjasama SPS Riau dan PWI Riau yang akan dilaksanakan nantinya, dibuka sebanyak lima kelas dengan jumlah peserta 30 wartawan dari media yang berhimpun di SPS Riau

"UKW ini kita gelar karena bagian dari perhatian kita kepada peningkatan profesionalisme wartawan di perusahaan pers yang bernaung di bawah SPS. Untuk kali ini kita menyiapkan lima kelas dengan 30 peserta," beber Khairul Amri. 

Khairul menjelaskan seluruh peserta Pra-UKW dan UKW tidak dipungut biaya apa pun alias gratis. "Jadi silahkan teman-teman media anggota SPS Riau memanfaatkan kesempatan UKW gratis ini dengan mengirimkan wartawannya untuk mendaftar, paling lambat awal Agustus," kata Khairul.

Sementara itu, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang menyambut baik program Pra-UKW dan UKW yang digagas SPS Riau untuk wartawan yang berasal dari media dibawah organisasi SPS Cabang Riau.

Loading...

"Setahu saya, perusahaan pers yang bergabung di SPS Riau sebagian besar adalah media-media cetak di Riau. Wartawan media-media cetak di Riau sebagian besar bergabung di PWI Riau juga. Makanya kita sangat wellcome bersama-sama SPS Riau menggelar UKW," jelas Zulmansyah Sekedang yang pernah menjadi Ketua SPS Riau 2016-2021.

Ditambahkan Zulmansyah, antara PWI Riau dan SPS Riau, sudah sering bekerjasama menyelenggarakan kegiatan sebagai sesama konstituen Dewan Pers. Baik kegiatan untuk wartawan maupun untuk masyarakat. Antara lain pernah melakukan Studi Jurnalistik dan Studi of Management Media (SoMM) ke Bangkok dan ke Vietnam, juga pernah bersama-sama menggelar "Gerakan Anti Hoaks Goes to School" pada SMA se-Pekanbaru.

Berdasarkan jadwal yang sudah disusun bersama PWI Riau-SPS Cabang Riau, UKW dilaksanakan pada 30-31 Agustus. "Sebelumnya, pada 29 Agustus akan dilaksanakan Pra-UKW untuk memperkaya wawasan peserta UKW," tutup Zulmansyah.**