Transformasi Sistem Kearsipan Digital Diminta Dilakukan di Riau

Transformasi Sistem Kearsipan Digital Diminta Dilakukan di Riau

17 Mei 2022
Kepala ANRI bersama gubernur Riau

Kepala ANRI bersama gubernur Riau

RIAU1.COM - Harapan dari Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto agar Provinsi Riau menjadi terdepan dalam mentransformasikan sistem kearsipan secara digital.

Pada kesempatan tersebut juga, Kepala ANRI mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, dalam hal ini kepada Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar sehingga dapat terlaksananya Hari Kearsipan Nasional ke 51 Tahun 2022, di Hotel Pangeran Pekanbaru, Selasa (17/5/2022).

"Terima kasih kepada pak Gubernur karena kerjasama penyelenggaraan kearsipan ini peringatan ke 51 ini memang harus kita lakukan secara maksimal," katanya, saat diwawancarai.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan rapat koordinasi nasional kearsipan Tahun 2022 dan Hari Kearsipan Nasional ke 51 ini perlu dilakukan secara maksimal sebagai upaya mendorong seluruh kementerian lembaga dan daerah agar kinerja kearsipan semakin baik.

"Dalam hal ini termasuk di Provinsi Riau yang memang membutuhkan kerja lebih keras agar bisa menyusul provinsi - provinsi yang lebih maju di bidang kearsipan," lanjutnya.

Selain itu, ungkapnya,sebagai Provinsi Riau sebagai tuan rumah, kiranya nanti akan banyak pengalaman yang di peroleh sehingga Provinsi Riau bisa mengambil terobosan - terobosan untuk penyelenggaraan kearsipan yang baik termasuk dalam konteks digitalisasi.

"Dengan Riau sebagai tuan rumah saya berharap Provinsi Riau yang nanti terdepan dalam mentransformasikan sistem kearsipan secara digital," tuturnya.

Ia menambahkan, saat ini sudah terdapat 44 dari kementerian, lembaga dan daerah yang telah menerapkan sistem kearsipan berbasis elektronik. Menurutnya, hal ini karena implementasi sistem kearsipan berbasis digital baru diterapkan pada tahun ini.

"Tahun lalu masih  proses desainnya, sehingga baru 44 yang menerapkan sistem kearsipan digital, targetnya seluruh sistem pemerintahan itu sudah berbasis digital semua, ketika ibu kota sudah pindah ke ibu kota yang baru sehingga tidak ada masalah,ibu kota mau pindah ke mana, sistem pemerintahan tetap jalan," lanjutnya.

Untuk itu, di momen Hari Kearsipan Nasional ke 51 ini, ia berharap adanya komitmen kementerian, lembaga dan daerah untuk mendukung program kearsipan berbasis digital.

"Hari kearsipan ini, harapan kita dapat bersama untuk berkomitmen, agar kita terus kokoh, terus tegak, dan kearsipan dapat tertib," tutupnya.