Wastra Riau Diharap Bisa Kembangkan UMKM

Wastra Riau Diharap Bisa Kembangkan UMKM

29 Maret 2022
Gubernur Riau, Syamsuar

Gubernur Riau, Syamsuar

RIAU1.COM - Kolaborasi Melayu Merindu diharapkan dapat menjadi semangat baru untuk memajukan Industri kreatif dan fesyen di Provinsi Riau diharap dapat jauh lebih maju dengan kolaborasi Melayu Merindu. 

Launching program kolaborasi antara Wiyasa The Fashion Ecosystem and Accelerator dan Badan Perwakilan Daerah Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API BPD) Riau, bersama pengrajin dan pelaku fesyen startup kota se Riau, pasa Senin (28/3/2022) ini, juga mendapat apresiasi dan respon positif dari sejumlah pihak.

Diantaranya mendapatkan dukungan dari Asia Pacific Rayon (APR), Tokopedia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), dan Pemerintah Provinsi Provinsi (Pemprov) Riau.

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengatakan bahwa Riau memiliki kebudayaan Melayu yang luhur, termasuk wastra atau kain tradisional yang sarat akan makna budaya yang harus dilestarikan oleh generasi muda.

"Wastra harus dilestarikan oleh generasi muda. Untuk itu, kami atas nama Pemerintah Provinsi Riau sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh API BPD Riau yang telah menggagas Melayu Merindu untuk mengangkat kembali wastra Riau dan memberdayakan UMKM Riau, khususnya dibidang tekstil dan fesyen," kata Gubri.

Untuk itu, Syamsuar pun mengajak seluruh masyarakat Riau untuk program Melayu Merindu ini.

"Masyarakat dapat mendukung program ini dengan berbelanja karya lokal anak Riau. Dan saya berharap, program ini bisa jadi percontohan program sejenis untuk daerah lain," kata Gubri.