PKK Kata Misnarni Syamsuar Punya Peran Penting Tingkatkan Ekonomi Keluarga

PKK Kata Misnarni Syamsuar Punya Peran Penting Tingkatkan Ekonomi Keluarga

17 Februari 2022
Misnarni Syamsuar

Misnarni Syamsuar

RIAU1.COM - Ketua Tim Penggerak (TP) Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Riau, Misnarni Syamsuar melalui Sekretaris TP PKK Riau, Erlina Khairul menyampaikan bahwa PKK memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian dalam keluarga.

Erlina mengungkapkan, banyak upaya yang bisa dilakukan oleh ibu-ibu di rumah untuk membantu ekonomi keluarga. Namun tugas utamanya sebagai ibu rumah tangga tetap bisa dijalankan dengan baik, yaitu dengan melakukan usaha dari rumah.

Untuk itu menurutnya TP PKK Riau khususnya di Pokja II, terus memberikan pelatihan keterampilan kepada ibu-ibu PKK di Provinsi Riau untuk meningkatkan kreativitas dalam menghasilkan produk yang bisa dijual.

"PKK sangat berperan dalam meningkat ekonomi keluarga dengan tetap di rumah saja tapi bisa mendapatkan penghasilan tambahan," ucapnya, dalam talkshow bersama Jendela Literasi Inspirasi Kita (JELITA) Riau yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Riau, Kamis (17/2/2022).

Sekretaris TP PKK Riau ini menjelaskan, hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 36 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan Perpres nomor 99 tahun 2017.

Bahwa menurutnya, pemberdayaan keluarga yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat menjadi salah satu tolok ukur dalam pembangunan yang perlu mendapatkan prioritas penanganan secara terencana, terpadu, terstruktur, merata, dan berkualitas yang bersendikan kearifan lokal melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

"Terdapat 10 program pokok PKK, diantaranya penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pendidikan dan keterampilan, pengembangan hidup berkoperasi, sandang, pangan, perumahan, kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat," ungkapnya.*