Disaksikan Menko PMK Muhadjir Effendy, Saidul Amin Dilantik sebagai Rektor UMRI

9 Februari 2022
Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Profesor Lincolin Arsyad (kiri) saat melantik Saidul Amin sebagai Rektor UMRI, Selasa (8/2/2022). Foto: Istimewa.

Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Profesor Lincolin Arsyad (kiri) saat melantik Saidul Amin sebagai Rektor UMRI, Selasa (8/2/2022). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Saidul Amin dilantik sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) periode 2022-2024, Selasa (8/2/2022). Pelantikan rektor baru ini disaksikan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Sebelumnya, Saidul Amin membacakan sumpah jabatan sebagai Rektor UMRI. Pelantikan dipimpin Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pengurus Pusat Muhammadiyah Profesor Lincolin Arsyad.

Usai dilantik, Saidul Amin dalam pidatonya mengatakan, perguruan tinggi Muhammadiyah dijiwai oleh nilai-nilai Islam dan ke-Muhammadiyah-an, baik secara ideologis, filsafat, maupun dalam aspek praktis. Artinya, perguruan tinggi Muhammadiyah tidak sekadar melahirkan orang yang paham keislaman dan ke-Muhammadiyah-an. 

"Tapi, perguruan tinggi Muhammadiyah harus membumi dalam kehidupan. Mahasiswanya haru diharapkan menjadi duta-duta besar Muhammadiyah di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Kampus UMRI ini harus menjadi miniatur dari Muhammadiyah yang sesungguhnya. Karena, UMRI sudah berusia sekitar 15 tahun.

"Kami memiliki sekitar 11.000 mahasiswa,  8 fakultas, 26 program studi (prodi), dan 22 dosen bergelar doktor.  Hanya ada 1 level kepala dari sekitar 200 orang dosen. Hal ini bisa menjadi kekuatan yang luar biasa untuk membangun UMRI yang betul-betul gemilang, terbilang, dan cemerlang," ucap Saidul Amin.