Tiga Bulan Lagi Pansus Konflik Lahan Riau akan Keluarkan Rekomendasi pada Perusahaan

6 Februari 2022
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Menurut keterangan Ketua Pansus Penyelesaian Konflik Lahan DPRD Riau, Marwan Yohanis mengatakan, pansus optimis dapat bekerja sesuai target yang ditetapkan yakni selama enam bulan. 

Diperkirakan pansus akan mengeluarkan rekomendasi pada April mendatang. 

Rekomendasi pansus terhadap perusahaan akan dikeluarkan berdasarkan analisa hukum dan dampak sosial yang ditimbulkan didukung dengan bukti dan payung hukum yang berlaku. 

"InsyaAllah target kerja pansus berakhir pada April. Sebelum rekomendasi dikeluarkan kami akan berkonsultasi dulu ke instansi terkait jika itu berkaitan dengan HGU akan dikonsultasikan ke BPN, jika berkaitan dengan pelepasan kawasan maka ke KemenLHK," kata dia akhir pekan ini. 

Lalu menambahkan, tahapan kerja pansus yang juga tidak kalah penting yakni melakukan studi kasus ke wilayah yang sudah berhasil menangani konflik. 

Pansus akan mempelajari apa saja pendekatan yang dilakukan untuk mengurai kisruh masyarakat dengan perusahaan terkait polemik lahan itu. 

"Kami akan pelajari apakah mereka menggunakan hukum positif atau pendekatan lainnya. Kalau hukum positif belum ada masyarakat yang menang sejauh ini. Makanya ini yang coba kita pelajari,"sebut Marwan.*