Kelompok UP2K PKK Riau Didorong Kembangkan Bidang Usaha Bordir

6 Januari 2022
Saat kunjungan kerja Misnarni Syamsuar

Saat kunjungan kerja Misnarni Syamsuar

RIAU1.COM - Sebagai bentuk komitmen pemberdayaan perempuan, khususnya melalui program Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) di Provinsi Riau, Ketua TP PKK Riau, Misnarni Syamsuar berkunjung sekaligus belajar bordir dan sulaman di Kota Bukittinggi Provinsi Sumatera Barat, Rabu (5/1/2022).

Pada kunjungan tersebut, Misnarni Syamsuar bersama tim TP PKK Riau dan Jelita Riau di bawah binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Riau, berupaya terus melakukan pembinaan terhadap kelompok UP2K PKK dengan melihat bidang usaha seperti bordir dan sulaman yang mungkin bisa dikembangkan di wilayah Provinsi Riau. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

"Sehingga melalui UP2K PKK ini dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan tercapainya kesejahteraan keluarga," kata dia.

Kemudian Misnarni Syamsuar menjelaskan, keahlian bordir dan sulaman menjadi salah satu keahlian yang bisa menghasilkan barang dengan nilai jual tinggi dan ini bisa dikembangkan di Riau khususnya melalui TP PKK. Namun, karena saat ini masih keterbatasan SDM yang bisa memberikan pelatihan, makanya perlu belajar lebih banyak lagi dari pengrajin di berbagai daerah lainnya. 

"Tentunya kita berharap UP2K PKK Riau bisa lebih baik dan lebih maju," ujarnya.

Kemudian dia menerangkan, UP2K merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan khususnya bagi kaum perempuan. Program ini telah ada sejak tahun 1985 yang pada waktu itu berasal dari dana inpres bantuan desa melalui PKK.

Jelasnya, kegiatan ini ditujukan untuk mengembangkan kegiatan usaha keluarga yang tergabung melalui kelompok maupun perorangan, sehingga secara bertahap diharapkan mampu menjadi wiraswasta yang handal serta meningkatkan tumbuhnya kegiatan yang bersifat kooperatif dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera.

"Dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan untuk kesejahteraan keluarga menuju Riau lebih baik," tukasnya.*