Wagubri Sebut Indeks Kerukunan Umat Beragama Meningkat

3 Januari 2022
Wagubri, Edy Natar

Wagubri, Edy Natar

RIAU1.COM - Upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-76 di Taman Bukit Gelanggang Kota Dumai, dipimpin Wakil Gubernur Riau, Edy Natar, Senin (03/01/2022).

Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini bertemakan “Tranformasi layanan umat” hal ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa Indonesia untuk lebih maju.

Wagubri menyampaikan bahwa Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama. Selain itu juga mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.  

“Hal ini dibuktikan dengan naikkan indeks kesalehan umat beragama dari 82,52 persen pada tahun 2020 naik menjadi 83,92 persen pada tahun 2021,” kata dia. 

Kemudian lanjut dia, indeks kerukunan umat beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 persen, menjadi sebesar 72,39 persen tahun 2021. 

Selain itu, Wagubri juga menyampaikan bahwa sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, maka Kementerian Agama telah mengajukan kepada Bapak Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.*