Rakor Diikuti Pejabat Pemprov Riau, Pemda Ditekankan Evaluasi Realisasi APBD

25 Desember 2021
Sekdaprov Riau, SF Hariyanto

Sekdaprov Riau, SF Hariyanto

RIAU1.COM - Pemerintah Daerah didorong Kementerian Keuangan untuk melakukan rapat evaluasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Hal tersebut disampaikan Agus Fathoni pejabat Kementerian Keuangan saat memimpin rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan APBD TA 2021 dan persiapan pelaksanaan APBD TA 2022 secara virtual, yang diikuti seluruh daerah se-Indonesia.

Dalam hal ini perwakilan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto. 

Agus Fatoni menyampaikan, perlunya melakukan rapat evaluasi realisasi APBD, karena melihat tuntutan publik agar anggaran yang sudah di anggarkan ke APBD agar bisa di belanjakan dan pendapatan bisa maksimal.

"Hal ini untuk membiayai pembangunan, meningkatkan pelayanan, kesejahteraan dan daya saing daerah," katanya.

Kemudian dia juga menyebutkan, rapat evaluasi ini juga perlu dilakukan oleh pemerintah provinsi, kabupaten dan kota minimal dalam setahun dilaksanakan tiga rapat evaluasi. Seperti pada hari ini yaitu rapat evaluasi pelaksanaan anggaran berjalan (dalam hal ini tahun 2021) dan terkait persiapan APBD 2022.

"Dimana Provinsi bisa melaksanakan di lingkup provinsi dan kabupaten/kota yang dihadiri forkompimda, dan instansi vertikal," ujarnya.

Sehingga diharapkan melalui rapat evaluasi yang dilakukan pemerintah provinsi, kepala daerah dapat melakukan monitoring, pengecekan dan evaluasi terhadap pelaksanaan APBD di daerah. 

"Selain itu dapat diambil langkah-langkah atau solusi jika terdapat persoalan - persoalan yang timbul," tutur dia.*