Pengawasan Keuangan Desa Kata Wagubri akan Efektif dengan Keberadaan Siswaskeudes

15 Desember 2021
Wagubri, Edy Natar dalam arahannya

Wagubri, Edy Natar dalam arahannya

RIAU1.COM - Saat ini inspektorat daerah berperan sangat penting dalam mengawasi setiap rupiah anggaran yang ada di desa di seluruh wilayah di Indonesia.

Seperti itu disampaikan Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution saat membuka kegiatan rapat koordinasi pengawasan daerah (Rakorwasda) Provinsi Riau Tahun 2021, dengan tema penguatan pengawasan atas pengelolaan keuangan desa melalui Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) di Provinsi Riau.

"Inspektorat daerah ini memiliki peran penting dalam pengawasan keuangan desa. Siswaskeudes menjadi salah satu aplikasi mempermudah inspektorat dalam mengawasi keuangan desa," kata dia.

Wagubri menyadari juga terdapat beberapa kendala yang masih dihadapi inspektorat. Seperti terbatasnya SDM di inspektorat itu sendiri, rentang waktu kendali yang terlalu luas guna untuk mendapatkan pengawasan, penatausahaan, pertanggungjawaban laporan keuangan desa.

Maka dari itu, menurutnya kebijakan dan inovasi itu penting untuk dilakukan untuk mengatasi persoalan yang dihadapi oleh pengawas intern pemerintah tersebut.

"Tadi kita sudah mendengarkan panjang lebar bagaimana uraian tentang Siswaskeudes itu sendiri, itu tujuannya bisa lebih efektif kita dalam melakukan pengawasan sistem keuangan desa," ujar dia.

Kemudian Wagubri menyebutkan, satu diantara upaya yang dilakukan oleh BPKP bersama Kemendagri dalam mempermudah pengawasan keuangan desa adalah dengan meluncurkan aplikasi Siswaskeudes untuk dapat digunakan diseluruh pemerintahan desa.

Siswaskeudes sendiri, sebut dia, akan mempermudah pemerintah desa, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota dalam mengawasi pengelolaan keuangan yang dioperasionalkan di desa masing-masing.

Di samping itu, untuk mengawal akuntabilitas pemerintah desa tentu harus dilakukan secara bersama dan saling berkolaborasi serta adanya komitmen bersama untuk mendeteksi sejak dini permasalahan dan merumuskan solusi yang nyata.

"Aspek pencegahan harus lebih dikedepankan, untuk itulah kita semua harus pro aktif dan pada forum rapat koordinasi pengawas daerah inilah kita untuk bisa lebih mengefektifkan bagaimana ke depan kita bisa melaksanakan secara bersama," tuturnya berharap.*