Sebagai Upaya Ubah Paradigma, Perangkat Desa di Kuansing Diberi Bimbingan Teknis

Sebagai Upaya Ubah Paradigma, Perangkat Desa di Kuansing Diberi Bimbingan Teknis

21 November 2021
Saat pembukaan bimtek perangkat desa Kuansing

Saat pembukaan bimtek perangkat desa Kuansing

RIAU1.COM - Sebanyak delapan kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing ) mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa, yang dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby akhir pekan ini.

Suhardiman Amby diwakili Kepala Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Kuantan Singingi Nafisman saat membuka kegiatan mengatakan, sebagai salah satu upaya dalam membangun tingkat ekonomi di wilayah pedesaan, sudah saatnya pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

"Untuk mendukung implementasi tersebut, diperlukan pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang mengisyaratkan perlu adanya perubahan paradigma, pengetahuan, keterampilan, dan perilaku masyarakat pedesaan," katanya.

Dengan demikian, sebut dia, pemberdayaan masyarakat pedesaan yang ditandai dengan adanya produktifitas, efisiensi, dan partisipasi masyarakat bisa tercapai secara maksimal.

Adapun delapan kecamatan yang mengikuti bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah tersebut terdiri dari Kecamatan Kuantan Tengah, Sentajo Raya, Benai, Pangean, Kuantan Hilir, Inuman, Singingi dan Singingi Hilir terdiri dari Kepala Desa, Ketua BPD, dan Sekretaris Desa tiap desa.*