Di Festival Pangan Lokal, Gubri: Kita Tidak Bisa Hanya Mengandalkan Beras

Di Festival Pangan Lokal, Gubri: Kita Tidak Bisa Hanya Mengandalkan Beras

11 November 2021
Gubernur Riau, Syamsuar di acara festival pangan lokal (Foto: MCR)

Gubernur Riau, Syamsuar di acara festival pangan lokal (Foto: MCR)

RIAU1.COM - Saat membuka festival pangan lokal sekaligus lomba cipta menu dan edukasi pangan lokal, pada Kamis (11/11/2021) Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, bahwa pemerintah pusat selalu mengingatkan kepada pemerintah daerah agar memperhatikan bidang ketahanan pangan di masing-masing daerah. 

"Program pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait ketahanan pangan ini tidak boleh diabaikan. Sehingga perlu daerah untuk memanfaatkan potensi sumber pangan lokal di daerah masing-masing," kata Syamsuar.

Sebab itu, dia mengaku menyambut baik kegiatan festival pangan lokal ini, dan dia berharap event ini dapat menambah wawasan masyarakat dalam pengelolaan pangan lokal di Provinsi Riau.

"Pengelolaan pangan lokal yang beraneka ragam ini diharapkan juga untuk meningkatkan gizi makanan dan minat terhadap pangan lokal ini," ujarnya.

Dia juga mengucapkan selamat berlomba kepada seluruh peserta lomba. Menurutnya, ini bukan persoalan menang kalah kalah. Namun, bagaimana semangat untuk terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat luas terkait pengelolaan pangan lokal.

"Tentunya diharapkan ke depannya kita tidak hanya mengandalkan beras. Namun, juga pangan lainnya. Dengan melakukan [festival] beragam makanan pangan lokal ini diharapkan bisa menambah gizi terutama kepada ibu hamil, menyusui dan anak - anak untuk tumbuh berkembang," tukasnya.*