Festival Pangan Lokal Tingkat Provinsi Riau, Kadis Syahfalefi Nilai Penting dalam Upaya Pemenuhan Gizi

Festival Pangan Lokal Tingkat Provinsi Riau, Kadis Syahfalefi Nilai Penting dalam Upaya Pemenuhan Gizi

11 November 2021
Sajian dalam Festival Pangan Lokal Riau (Foto: MCR)

Sajian dalam Festival Pangan Lokal Riau (Foto: MCR)

RIAU1.COM - Festival pangan lokal dan lomba cipta menu pangan lokal di tingkat provinsi digelar Pemerintah Provinsi Riau.

Kegiatan ini diikuti oleh 9 dari 12 Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) kabupaten dan kota se Riau. Dilaksanakan di Gedung Dharma Wanita Provinsi Riau di Pekanbaru, Kamis (11/11/2021).

Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura provinsi Riau, Syahfalefi menyebutkan, bahwa kebutuhan pangan itu sangat penting. Sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dengan konsumsi pangan sehari-hari yang beraneka ragam.

"Oleh karena itu, lomba cipta menu pangan mengangkat pangan lokal menjadi sangat penting dalam rangka pemenuhan gizi. Dan juga mampu menampilkan berbagai ragam jenis pangan sehingga menjadi daya tarik untuk dikonsumsi," kata Syahfalefi. 

Kemudian dia menyebutkan, festival pangan lokal tingkat provinsi Riau ini bukan hanya lomba cipta menu pangan lokal. Namun, juga memberikan edukasi tentang pangan lokal. 

Sebab itu, kata dia, pelaksanaan festival pangan lokal ini juga untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA) dengan memanfaatkan olahan pangan lokal.

"Festival ini juga untuk mendorong kreativitas dan inovasi dan pengembangan olahan pangan lokal yang komersial," tuturnya.*