Vaksinasi Bagi Ibu Hamil di Riau Dimulai, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Vaksinasi Bagi Ibu Hamil di Riau Dimulai, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

31 Agustus 2021
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Vaksinasi COVID-19 untuk ibu hamil dan menyusui sudah mulai dilaksanakan hari ini di Provinsi Riau.

Pelaksanaan kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi ibu ini kerjasama antara Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Riau bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Ketua POGI RIau, dr. Donel Suhaimi menyampaikan ini menjadi kegiatan perdana di Provinsi Riau dalam rangka pencanangan vaksinasi ibu hamil dan menyusui, dengan target hari ini 100 orang ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui (busui) sudah divaksin.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya dilakukan pada hari ini saja, namun akan dilaksanakan di tempat-tempat lainnya dengan target se-Provinsi Riau sebanyak 3.000 ibu hamil dan menyusui yang disuntik vaksin.

"Ini adalah momen deklarasi saja, akan ada lagi kegiatan berikutnya. Ini supaya masyarakat kita, khususnya ibu hamil dan menyusui mau mengikuti vaksinasi COVID-19," ucapnya saat diwawancara usai pembukaan kegiatan vaksinasi bagi ibu hamil tersebut, Selasa (31/8).

Dia mengungkapkan, untuk jenis vaksinasi yang digunakan untuk hari ini semuanya menggunakan jenis vaksin Sinovac. Vaksinasi ini akan diadakan di Kabupaten/Kota se-Riau dengan POGI sebagai inisiator.

"Untuk KIPI, kita sudah buatkan grup whatsapp. Kalau ada keluhan apa bisa langsung disampaikan," ucapnya.

Dia berharap, semua ibu hamil yang memenuhi syarat vaksinasi COVID-19 sebaiknya mengikuti vaksinasi. Karena tingkat keparahan ibu hamil yang tanpa vaksinasi COVID-19 ini akan lebih berat dibandingkan dengan ibu hamil yang sudah divaksin.

"Adapun syarat utama yang harus dipenuhi ibu hamil untuk mendapatkan vaksinasi ini yaitu pemberian dosis pertama maksimal dimulai pada trimester kedua kehamilan atau 13 minggu sampai 33 minggu dan persyaratan-persyaratan lainnya," tutupnya.*