Sudah Hampir 10 Jam Jalur Lintas Riau - Sumbar di Rimbo Datar Terputus, Begini Situasi Terkini...

Sudah Hampir 10 Jam Jalur Lintas Riau - Sumbar di Rimbo Datar Terputus, Begini Situasi Terkini...

4 Juli 2021
Pada minggu pagi, tampak petugas melakukan pemasangan polongan dan proses penimbunan.

Pada minggu pagi, tampak petugas melakukan pemasangan polongan dan proses penimbunan.

RIAU1.COM -Hingga Minggu 4 Juli 2021 pagi, ruas jalan yang menghubungkan Provinsi Riau dan Sumbar tepatnya di daerah Rimbo Datar, Kecamatan Pangkalan Kabupaten 50 Kota, masih belum bisa dilintasi oleh kendaraan. Jalan terputus lantaran banjir yang menggenangi ruas jalan tersebut.

Volume air yang meningkat membuat kondisinya mengkhawatirkan, di mana berpotensi menggenangi rumah warga sekitar. Walhasil, dilakukan penggalian pada jalan yang terendam agar arus air bisa lewat. Setelahnya, dipasangi polongan besar untuk air, agar tidak meluber.

Pengerjaan penggalian dan pemasangan polongan sudah dilakukan sejak Sabtu malam tadi dan Inilah yang kemudian membuat ruas jalan tak bisa dilewati kendaraan apapun, dari kedua sisi. Menurut warga sekitar, petugas sudah bekerja sejak sekitar Pukul 23.00 WIB.

"Masih tahap penanganan perbaikan, sekarang tinggal penimbunan material. Untuk polongan sudah terpasang," kata Kasat Lantas Polres 50 Kota Iptu Dian James Putra pada Minggu pagi.

Dia melanjutkan, petugas mengupayakan penimbunan kembali ruas jalan yang sebelumnya sempat digali untuk dipasang polongan.

"Kita upayakan penimbunan bisa untuk satu jalur dulu, biar bisa dilalui secara bergantian. Kita upayakan koordinasi dengan PU provinsi untuk bisa dipercepat proses penimbunannya," singkat dia.

Menurut warga, ditutup sementara ruas jalan sudah dilakukan sejak jam 23.00 WIB tadi malam, di mana saat itu petugas mulai melakukan penggalian. Jika dihitung, sudah ada hampir 10 jam jalur lintas Riau - Sumbar di daerah Rimbo Datar ini tak bisa dilewati, sampai berita diturunkan pukul 08.00 WIB.

Pantauan Riau1.com, antrean kendaraan terus bertambah. Ini terjadi dari kedua arah, baik itu yang menuju Sumbar maupun sebaliknya. Sebagian ada juga yang memilih putar balik karena terlalu lama menunggu.