Breaking News: Jalan Riau - Sumbar di Rimbo Datar Terputus, Kendaraan Mengular Berkilometer

Breaking News: Jalan Riau - Sumbar di Rimbo Datar Terputus, Kendaraan Mengular Berkilometer

4 Juli 2021
Kondisi di lokasi, tampak alat berat juga telah dikerahkan.

Kondisi di lokasi, tampak alat berat juga telah dikerahkan.

RIAU1.COM -Antrean kendaraan mengular di daerah Rimbo Datar, Kecamatan Pangkalan Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat, pada Minggu 4 Juli 2021 dinihari. Kendaraan tersebut tidak bisa melintas, baik dari arah Riau menuju Sumbar maupun sebaliknya lantaran terendam air.

Air merendam permukaan jalan yang pososinya rendah. Luapan air tidak begitu melebar menutupi permukaan jalan. Sejauh ini upaya tengah dilakukan petugas agar air bisa mengalir dengan memasang polongan, sehingga tidak merendam jalan atau merembes ke rumah warga.

Entah apa penyebab genangan air ini hingga akhirnya meluap ke jalan, namun akibatnya kemacetan panjang kendaraan hingga hampir 10 kilometer. 

Kasat Lantas Polres 50 Kota Iptu Dian James Putra mengatakan, petugaa gabungan sudah melakukan tindakan agar jalan kembali bisa dilewati. Alat berat juga sudah bekerja, dan sementara akses jalan ditutup total lantaran dilakukan pemasangan polongan.

"Jalan tutup total. Kalau tidak dilakukan pemasangan polongan ini, pemukiman yang jadi sasaran banjir (Akibat luberan air, red)," katanya.

Ia melanjutkan, anggota Satlantas Polres 50 Kota dan Polsek Pangkalan sudah di lokasi kejadian sejak Sabtu malam untuk membantu proses pengaturan arus lalu lintas.

"Anggota Polsek sudah dari tadi disana pengamanan dan personil lantas juga sudah berada disana antisipasi," jelasnya. 

Nantinya jika pemasangan polongan sudah dilakukan, pihak kepolisian akan melakukan penguraian arus lalu lintas. "Kalau sudah siap pemasangan polongan baru kita urai lagi kemacetannya. Kita juga koordinasi dengan BPBD antisipasi banjir," terangnya. 

Pantauan Riau1.com sampai berita ini diturunkan, pukul 03.50 WIB, ruas jalan masih belum bisa dilewati. Antrean kendaraan pun semakin panjang. Bahkan menurut beberapa orang sopir, mereka sudah tertahan sekitar lima jam lamanya.

Sayangnya, dalam kondisi tersebut masih ada juga pengendara yang tidak sabar, dan menerobos antrean dengan mengambil ruas jalan arah berlawan.