Akhir Bulan Ini Mendagri akan Keluarkan Putusan Akhir Sengketa Perbatasan Kabupaten di Riau

Akhir Bulan Ini Mendagri akan Keluarkan Putusan Akhir Sengketa Perbatasan Kabupaten di Riau

18 Juni 2021
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Kementeri Dalam Negeri (Kemendagri) menargetkan akhir Juni 2021 ini akan mengeluarkan keputusan akhir batas wilayah tiga segmen konflik di Provinsi Riau.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Setdaprov Riau, Sudarman saat dikonfirmasi terkait progres penyelesaian konflik batas wilayah daerah ini di Kemendagri. 

"Kemendagri menargetkan akhir Bulan Juni sudah tuntas. Nanti Mendagri yang mengeluarkan keputusannya, segmen batas yang dikonflikkan itu masuk wilayah kabupaten mana," kata Sudarman.

Adapun tiga segmen yang dikonflikkan itu menurut Sudarman yakni, batas wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dengan Kuantan Singingi (Kuansing). Kemudian, batas wilayah Kabupaten Siak dengan Kampar dan Kabupaten Pelalawan dengan Kampar.

Untuk proses penyelesaian konflik batas ini papar dia, pihak Kemendagri telah melakukan survey ke lapangan. Selain itu, Kemendagri juga memverifikasi dokumen-dokumen yang diberikan oleh masing-masing pemerintah kabupaten yang bersengketa.

"Kami dari Pemprov Riau yang langsung mendampingi pihak Pemkab kabupaten untuk menyampaikan dokumen itu ke Kemendagri. Dokumen itu yang diverifikasi oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Wilayah (Adwil) Kemendagri," pungkasnya.