DPRD Minta Pemerintah Riau Harus Terus Yakinkan Masyarakat Bahwa Vaksin Aman

DPRD Minta Pemerintah Riau Harus Terus Yakinkan Masyarakat Bahwa Vaksin Aman

12 Juni 2021
Marwan Yohanis

Marwan Yohanis

RIAU1.COM -Anggota Komisi V DPRD Riau Marwan Yohanis meminta pemerintah untuk bisa meyakinkan masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman.

Hal ini diminta karna beberapa kasus seperti vaksin rusak di suatu daerah di Riau, hingga peristiwa penarikan vaksin dari Rumah Sakit (RS) oleh Diskes Pekanbaru bisa membuat masyarakat ragu akan keamanan vaksin.

“Kayakinan masyarakat untuk divaksin masih kurang, ditambah kejadian ini, tambah membuat masyarakat trauma,” kata Marwan. Sabtu 12 Juni 2021.

Marwan meminta pemerintah agar mampu meyakinkan masyarakat bahwa vaksin yang tersedia adalah aman dan yang terbaik.

“Yakinkanlah masyarakat bahwa vaksin kita yang terbaru, vaksin kita yang terbaik,”jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan pihaknya menerima laporan vaksin Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Meranti ada yang mengalami kerusakan.

Dijelaskan Mimi, saat ditanyakan ke Diskes Meranti, dirinya mendapatkan laporan vaksin tersebut rusak karena tidak langsung digunakan.

Menurut Mimi, dalam satu vial, terdapat vaksin untuk dosis 10 orang. 7 dosis sudah disuntikan ke penerima vaksin, namun 3 lainnya tak langsung digunakan.

“Karena kalau vial vaksin sudah dibuka, maka harus langsung dihabiskan. Tidak bisa disimpan lagi, karena yang seperti ini jadi banyak vaksin yang rusak,”ujarnya.