Angka Pengangguran Turun, Pertumbuhan Ekonomi Riau Positif

Angka Pengangguran Turun, Pertumbuhan Ekonomi Riau Positif

9 Mei 2021
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS)  Provinsi Riau, Misfaruddin mengadakan pertemuan dengan Gubernur Riau, Syamsuar belum lama ini membahas terkait pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau pada Triwulan I tahun 2021 yang mana mengalami pertumbuhan positif sebesar 0,41 persen.

"Kita baru saja melaporkan pertumbuhan ekonomi Riau pada Triwulan I tahun 2021 kepada pak Gubernur dan pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau pada Triwulan I tahun 2021 itu sebesar 0,41 dan itu positif," kata dia.

Selanjutnya ia menjelaskan bahwa didalam pertemuan tersebut tidak hanya melaporkan tentang pertumbuhan ekonomi Riau pada Triwulan I tahun 2021 namun juga melaporkan tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Riau kondisi Februari 2021 yang mengalami penurunan.

Penurunan terjadi karena pertumbuhan positif terjadi pada Lapangan Usaha Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan sebesar 1,54 persen, Industri Pengolahan sebesar 2,07 persen, Pengadaan Listrik dan Gas sebesar 1,94 persen.

Selain itu Pengadaan Air, Pengolahan Sampah, Limbah dan Daur Ulang sebesar 0,14 persen, Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum sebesar 5,89 persen, Informasi dan Komunikasi sebesar 2,58 persen dan Jasa Keuangan dan Asuransi sebesar 1,11 persen. 

"Ternyata tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Riau mengalami penurunan menjadi 4,96 sehingga kondisi ini jauh lebih rendah dibanding kondisi Agustus 2020 yang waktu itu berada pada angka 6,32," papar dia.**