Permintaan Pangan Jelang Idul Fitri Tinggi, BPOM Pekanbaru Sebut Telah Lakukan Pengawasan

Permintaan Pangan Jelang Idul Fitri Tinggi, BPOM Pekanbaru Sebut Telah Lakukan Pengawasan

9 Mei 2021
Logo BPOM

Logo BPOM

RIAU1.COM - Permintaan pangan di Riau akan mengalami peningkatan menjelang hari Raya Idul fitri. Untuk itu Balai Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pekanbaru bersama stakeholder terkait akan berupaya mengawal ketersediaan pangan yang aman dan bermutu di masyarakat.

"Bulan  Ramadan dan Idulfitri ini biasanya permintaan masyarakat akan pangan sangat tinggi ataupun meningkat, ini yang perlu menjadi kewaspadaan kita," kata Kepala BPOM Pekanbaru, Yosef Dwi Irwan belum lama ini.

Tambah Yosef menjelaskan, jika berbicara pangan, maka berbicara sesuatu hal yang sangat penting dan strategis karena menyangkut aspek kesehatan, aspek ekonomi, ketahanan nasional dan juga daya saing.

Tentunya, ujar dia, negara berkewajiban memastikan kemudahan dan juga ketersediaan pangan yang aman dan bermutu di tengah masyarakat.

"Untuk mewujudkan semua itu BPOM tidak dapat bekerja sendiri dan membutuhkan dukungan dari semua pihak, dan pentingnya keberadaan pemerintahan daerah, kemudian stakeholder lainnya termasuk masyarakat," tutur dia.

Loading...

Sambung dia lagi mengatakan, pihaknya telah melakukan pengawasan obat dan makanan selama dan sebelum Ramadhan ini, bahkan pada bulan ramadhan ini lebih ditingkatkan lagi mengingat banyaknya jenis makanan yang beredar di tengah masyarakat terutama takjil.

"Selama Ramadhan ini kita sudah melakukan pemeriksaan di toko ritel, bahkan kita juga sudah melakukan pemeriksaan pengelolaan takjil di kabupaten/kota di Riau. Sejauh ini kesadaran pelaku usaha sudah bagus," ungkapnya.

Yosef menambahkan, untuk jenis pangan yang aman tersebut, harus terbebas dari tiga hal yaitu terbebas dari pencemaran fisik, kimia dan biologi.***