Danrem Syech Ismed Ditunjuk Sebagai Ketua Satgas Pemulangan Pekerja Imigran Melalui Pelabuhan Dumai

Danrem Syech Ismed Ditunjuk Sebagai Ketua Satgas Pemulangan Pekerja Imigran Melalui Pelabuhan Dumai

25 April 2021
Brigjen TNI Syech Ismed

Brigjen TNI Syech Ismed

RIAU1.COM - Dengan ditetapkannya pelabuhan Dumai sebagai salah satu akses laut kepulangan pekerja migran dari Malaysia dan Singapura, Pemerintah Provinsi Riau membentuk tim satuan tugas (Satgas) khusus.

"Ketua Satgas Pemulangan PMI di Dumai pak Danrem 031 Wirabima (Brigjen TNI Syech Ismed)," kata  Gubernur Riau, Syamsuar belum lama ini

Namun demikiam, Syamsuar mengaku masih menunggu kebijakan Kementerian Hukum dan HAM melalui Dirjen Imigrasi kapan pembukaan Pelabuhan Dumai dimulai.

"Kemudian kita juga minta dukungan Kementerian Kesehatan untuk penambahan alat PCR. Karena sesuai kebijakan, mereka (PMI) yang pulang ke tanah air harus di karantina lima hari, dan waktu kedatangan di PCR dan setelah lima hari karantina di PCR," tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI, Doni Monardo, mengatakan, pemulangan TKI atau Tenaga Migran dari beberapa negara tetangga, mencapai 40 ribu migran yang akan dipulangkan ke Indonesia melalui beberapa pintu masuk, termasuk di Kota Dumai. 

Doni menyebutkan, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Hukum dan HAM, melalui Direktorat Jenderal Imigrasi sudah melakukan persiapan. Untuk itu Doni mengajak pemangku kepentingan agar memberikan perhatian yang baik kepada mereka, kepulangan Imigran. 

"Ada sebanyak 40 ribu migran sudah berakhir masa kontrak maupun di deportasi. Dari Kepri telah melaporkan program yang dilakukan tetap semua pekerja migran masuk di Batam dan Tanjung Pinang, Khusus Sumut siap menerima lewat bandara kualanamu. Riau disarankan melalui Bengkalis dan Dumai, kesepakatannya kalau pemerintah pusat memutuskan di Dumai," kata Doni Monardo.**