Sistem Pengairan UIN Suska Diduga Salah Satu Penyebab Banjir Rumah Warga RT02 RW08 Tuah Madani Pekanbaru

Sistem Pengairan UIN Suska Diduga Salah Satu Penyebab Banjir Rumah Warga RT02 RW08 Tuah Madani Pekanbaru

22 April 2021
Kawasan yang tergenang banjir

Kawasan yang tergenang banjir

RIAU1.COM - Banjir di perumahan Asta Gardenia RT02 RW08 Kelurahan Tuah Madani, Pekanbaru yang terjadi sejak subuh tadi, hingga malam ini masih mengenangi rumah warga.

Dan banjir kali ini disebut-sebut paling parah. Pasalnya, sejak perumahan yang dihuni ratusan jiwa tersebut ditempati lebih satu dekade lalu, belum pernah air masuk ke dalam rumah.

"Saya sepuluh tahun lebih di sini, baru kali ini air sampai masuk dalam rumah, bahkan sampai betis. Kalau sebelum-sebelumnya hanya sampai teras depan," kata Edy, salah seorang warga perumahan tersebut, Kamis, 22 April 2021.

Dia menduga, ini terjadi salah satunya karena sistem pengairan dari parit milik kampus UIN Suska, yang bersebelahan dengan perumahan tersebut tidak memadai.

"Saya rasa selain perumahan lain yang semakin banyak di hulu, dan pengairan mereka tumpukan ke sini, juga parit pengairan UIN yang tidak sesuai dengan kebutuhan semestinya," ujar dia.

Dia meminta pihak UIN Suska meninjau semua sistem pembuangan air yang dimilikinya. Sehingga dengan itu sebut Edy, banjir serupa bisa dicegah.

"Perlu perhatian pimpinan UIN, lahan mereka ini kan luas. Tanggungjawab mereka juga harus besar kalau ada banjir seperti ini," pungkasnya.