Penanaman Mangrove dalam Program PEN, Dumai Dapat Jatah 408 Hektar

Penanaman Mangrove dalam Program PEN, Dumai Dapat Jatah 408 Hektar

11 April 2021
Saat penanaman mangrove

Saat penanaman mangrove

RIAU1.COM - Dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Penjabat Sekdaprov Riau Masrul Kasmy, Walikota Dumai terpilih Paisal melakukan penanaman mangrove di Pantai Purnama, Sabtu 10 April 2021.

Ada 700 bibit kayu api-api (Avicennia.sp) yang ditanam bersama masyarakat di Pantai Purnama. Untuk diketahui, lokasi ini mengalami abrasi dampak ombak selat Rupat. 

Penanaman ini menandai pertama kali penanaman mangrove dalam rangka Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Provinsi Riau tahun 2021, yang dilaksanakan oleh KLHK bersama dengan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM). 

Kota Dumai mendapatkan alokasi penanaman mangrove tahap pertama yang akan dikerjakan dalam waktu dekat seluas 408 ha, dan jumlahnya kemungkinan besar akan terus bertambah seiring verifikasi lapangan. Adapun target penanaman untuk Riau tahun ini seluas 15 ribu ha, dari target nasional seluas 83 ribu ha di tahun 2021.

Loading...

"Kita akan kerja bersama untuk pemulihan ekosistem mangrove. Kolaborasi antara pusat dan daerah akan terus kita tingkatkan, karena itu hari ini saya juga bawa Pak Wakil Menteri dan banyak pejabat KLHK agar nanti terus ada tindaklanjut kerja lapangannya bersama-sama masyarakat," ujar Menteri Siti Nurbaya.**