Angin Kencang, Kubah Masjid Taqwa Muhammadiyah Pekanbaru Seharga Rp250 Juta Ambruk

7 April 2021
Kubah Masjid Taqwa Muhammadiyah Pekanbaru yang hancur dihantam angin

Kubah Masjid Taqwa Muhammadiyah Pekanbaru yang hancur dihantam angin

RIAU1.COM - Kubah Masjid Taqwa Muhammadiyah di jalan Srikandi Pekanbaru, jam 22.30, Selasa 6 April 2021 ambruk hingga ke tanah dihantam angin kencang.

Menurut pengakuan ketua pembangunan Masjid Taqwa, Sudirman mengatakan dia sendiri baru tahu peristiwa itu tadi pagi. Kabah sendiri, sebut dia sudah dipasang dua tahun lalu yang menghabiskan biaya Rp250 juta.

"Pas angin puting beliung itu. Udah dipasang diatas sudah dua tahun. Kerangkanya dipasang diatas. Biaya kubah itu khabis Rp250 juta," kata Sudirman yang juga kepala sekolah MTS Muhammadiyah 02 Pekanbaru tersebut. 

Dia mengaku tidak tahu persis penyebab tidak kokohnya kubah masjid tersebut, sehingga bisa jatuh diterpa angin.

"Saya kurang paham betul ya kurangnya apa. Saya tidak melihat ke atas. Yang jelas tahu saya itu sudah siap dibangun, kerangkanya seperti apa saya tidak melihat itu,"ujarnya.
 
Sambung Sudirman, dia baru jadi ketua pembangunan Masjid Taqwa setahun terakhir, dan sebelumnya langsung dikelola oleh pemilik tanah di atas masjid tersebut yang akan diwakafkan kepada Muhammadiyah.

"Secara status, masjid sejauh ini belum diserahkan pengelolaannya. Ini tanah pak Alfian, beliau tinggal di Jakarta. Dia yang membangun ini. Dan nanti akan diserahkan ke Muhammadiyah atau untuk umat," tuturnya.

Dengan kejadian ini, Sudirman berharap uluran bantuan dari semua pihak guna percepatan pembangunan masjid yang telah dibangun sejak tahun 2014 ini. Dan penggantian kubah masjid.  

"Mudah-mudahan orang yang memiliki harta yang berlebih dari Allah bisa bantu kelanjutan pembangunan kubah dan masjid ini," demikian Sudirman.

Dalam pantauan, disekitar Masjid Taqwa ini juga nampak sebagian atap rumah warga dan pohon-pohon rusak, diduga juga akibat dari angin kencang yang terjadi tadi malam tersebut.