Pentingnya Transformasi Digital untuk UKM Menurut Gubri Syamsuar

1 April 2021
Gubri Syamsuar

Gubri Syamsuar

RIAU1.COM - Percepatan transformasi digital dari sisi kegiatan usaha kecil dan mikro merupakan peluang untuk meningkatkan penjualan. Yang mana saat ini transformasi digital telah merambah seluruh sektor termasuk unit usaha hanya melalui satu genggaman handphone.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Riau Syamsuar dalam acara Pengukuhan dan Penandatangan SK TP2DD Provinsi Riau, TP2DD Kota Pekanbaru dan TP2DD Kabupaten Kampar di Gedung Daerah Riau belum lama ini.

Dengan dimulainya era digital saat ini, Gubri Syamsuar mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berupaya melakukan percepatan transformasi digital sebagai peluang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan. 

"Dengan memanfaatkan teknologi informasi dapat mengubah kondisi masyarakat menuju keadaan yang lebih baik dan sejahtera," kata Gubri.

Sambung dia, teknologi informasi juga menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sebuah inovasi dalam usaha kecil yang berpotensi menciptakan kewirausahaan dan meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat. Digitalisasi memberi peluang bagi kelompok usaha marginal untuk naik kelas menjadi usaha yang lebih besar atau dengan kata lain menciptakan inklusi ekonomi. 

"Digitalisasi juga akan memberikan kemudahan bagi dunia usaha untuk melakukan investasi yang kita butuhkan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Riau," papar Syamsuar.**