Di Bawah 50 Persen dari Target, Disbun Riau Catat 9.766 Ha Terealisasi dalam Program PSR 2020

2 Februari 2021
Ilustrasi Peremajan Sawit Rakyat (int)

Ilustrasi Peremajan Sawit Rakyat (int)

RIAU1.COM - Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) masih terus berlanjut, Dinas Perkebunan Provinsi Riau mencatat realisasi program PSR di tahun 2020 lalu hampir mencapi 50 persen dari target yang telah ditentukan.

“Realisasi program PSR tahun 2020 di Provinsi Riau luas lahannya mencapai 9.766 hektar dari usulan masuk 10.081 hektar yang telah kita usulkan ke Dirjen. Sementara target yang diberikan kepada kita sekitar 22.000 ha,” ujar Kepala Dinas Perkebunan Riau, Ir Zulfadli melalui Kepala Bidang Produksi Perkebunan Vera Virgianti MM kepada Riau1.com, Selasa (2/2).

Lebih lanjut disampaikannya, tidak maksimalnya realisasi dengan usulan yang kita masukkan karena ada beberpa kendala. Seperti syarat pengajuan dari pekebun yang tidak lengkap, kebun masuk dalam kawasan hutan, dan lain sebagainya.

“Karena Dirjen tidak akan mengeluarkan bantuan dana PSR jika kebun petani masuk dalam kawasan hutan. Semua proses pengajuan dilakukan secara online, ngusulkannya juga by sistem,” terangnya.

Untuk diketahui, kebun petani yang masuk dalam program PSR berasal dari 10 daerah di Riau,” yang tidak termasuk adalah Kabupaten Meranti dan Kota Pekanbaru,” sebut Vera.