Tanggapi Status Riau Waspada Banjir Bandang, Ini Kata Gubernur Riau

Tanggapi Status Riau Waspada Banjir Bandang, Ini Kata Gubernur Riau

1 Februari 2021
Guneenur Riau, Syamsuar

Guneenur Riau, Syamsuar

riau1.com/">RIAU1.COM - Mananggapi status Wapada banjir riau1.com/tag/bandang >bandang di Provinsi Riau yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Gubernur Riau, Syamsuar langsung lalukan koordinasi dengan beberapa instansi.

Menurutnya hal yang harus diwaspadai masyarakat Riau adalah luapan air sungai jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Sumatra Barat.

“Yang perlu kita antisipasi sungai meluap akibat hujan tinggi di Sumbar,” ujar Gubernur Riau, Syamsuar, Senin (1/2).

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan BPBD Sumatra Barat.

“Kita baru saja berkoordinasi dengan kepala BPBD Sumbar untuk mengantisipasi curah hujan yang tinggi di Sumbar untuk mewaspadai banjir di Riau,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Edwar mengatakan pihaknya telah memetakan Ddaerah rawan banjir di Riau, seperti di Kabupaten Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, dan Indragiri Hulu. Namun tidak menutup kemungkinan banjir bisa terjadi di Kabupaten Rokan Hilir dan Rokan Hulu," sebutnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau memetakan lokasi yang rawan terjadi bencana di Riau. Khusus untuk bencana tanah longsor, di Riau terdapat dua wilayah yang tergolong rawan. Seperti di perbatasan Riau dengan Sumatera Barat dan perbatasan Riau dengan Sumatera Barat di Lubuk Jambi Kuantan Singingi.