Audensi dengan Wagubri, Ini Masalah yang Disampaikan DPD REI Riau

Audensi dengan Wagubri, Ini Masalah yang Disampaikan DPD REI Riau

27 Januari 2021
Saat audensi

Saat audensi

RIAU1.COM - Selama pandemi Covid-19, daya beli rumah bersubsidi di Riau mengalami penurunan. Ditambah aturan yang sangat ketat juga mempengaruhi daya beli masyarakat, belum lagi harga material juga mengalami kenaikan.

Permasalah tersebut dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Riau, Tambi saat audiensi dengan Wakil Gubernur Riau, Edy Nasution di kediaman, Selasa 26 Januari 2021.

"Kita siap membantu Pemerintah Provinsi Riau dalam mensejahterakan masyarakat di bidang perumahan. Sesuai dengan instruksi Wakil Gubernur Riau saat audiensi tadi," kata Tambi usai audiensi.

Untuk pengajuan KPR (Kredit Perumahan Rakyat), kata Tambi, sangat ketat administrasinya. Bahkan ada beberapa profesi pekerjaan yang berdampak Covid-19 tidak bisa mengajukan KPR.

"Hal ini tentunya menjadi perhatian kami kedepannya, bagaimana dalam masa pandemi Covid-19 masyarakat yang secara finasial mampu dapat memiliki rumah dengan KPR. Namun, karena aturan yang membuat proses tidak disetujui," ujarnya.

Dalam kepengurusan DPD REI Riau nantinya, tambah Tambi, pengurus akan berusaha untuk mengambil dana APBN. Sebab ujar dia, melihat daya beli masyarakat terhadap rumah subsidi sangat banyak, namun karena aturan yang ketat justru menjadi penghalang.

Loading...

"Kita saat ini masih melihat bagaimana dinamika perkembangan properti yang ada di Riau. Sehingga ini menjadi pekerjaan rumah bersama, untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat di bidang perumahan," jelas Tambi.

Wakil Gubernur Riau Edy juga berharap, DPD REI Riau bisa memainkan perannya dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Riau terutama di bidang perumahan.

"Artinya, kalau mereka (DPD REI Riau, red) bisa membaca situasi dengan baik. Banyak lokasi di Kota Pekanbaru yang bisa dilakukan pembangunan perumahan bersubsidi. Tentu ini dibutuhkan kejelian dari mereka. Karena selain kemampuan secara finansial, lokasi perumahan mempengaruhi keinginan masyarakat memiliki rumah," ungkapnya.

Audiensi DPD REI Riau di kediaman Wakil Gubernur Riau, terkait dengan Musyawarah Daerah (Musda) DPD REI Riau ke-12. Musda ini sendiri sempat diundur beberapa kali, sehingga sudah ditetapkan tanggal 2 Februari 2021.