Dalam Kunjungan TAPD Sumbar, Pemprov Riau Sebut 1.500 Desa Dapat Bantuan Rp100 Juta

14 Desember 2020
Indra

Indra

RIAU1.COM - Pemerintah Provinsi Riau mendapat kunjungan dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Sumatera Barat di ruang kenanga Gedung Pemprov Riau, Senin 14 Desember 2020.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Riau Indra menjelaskan terkait bantuan UMKM di Provinsi Riau.

"Pemprov Riau telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 25 miliar untuk membantu UMKM di Provinsi Riau di tahun 2020 dan di tahun 2021 juga di anggarkan Rp25 miliar untuk bantuan UMKM di tahun 2021," kata Indra.

Sementara itu untuk bantuan keuangan khusus, Pemprov Riau sebut dia menyediakan Anggaran 100 juta Rupiah per desa di Provinsi Riau. 

"Bantuan keuangan untuk desa di Provinsi Riau, ada 100 juta rupiah yang diberikan lebih kepada 1.500 di Provinsi Riau. Pemerintah Provinsi Riau juga membantu guru honor," ujarnya.

Sementara itu Sekda Provinsi Sumatera Barat Alwis menjelaskan, kunjungan ke Provinsi Riau ini guna mendapatkan gambaran pembanding strategi Pemerintah Provinsi dalam menyusun Anggaran di masa pandemi covid-19 . 

"Dari Kunjungan ini kita belajar dan berdiskusi tentang banyak hal terkait penyusunan anggaran Pemerintahan dan program yang harus disusun dalam RKA tahunan. Selain itu juga terkait Tunjangan Pokok dan Kinerja Dewan juga bertukar pandangan untuk sesuatu hal yang lebih baik," ungkapnya.

Sekda Alwis menambahkan,Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumbar hanya berkisar Rp2,4 triliun, sedangkan di Riau sudah Rp 4 triliun.

"Jadi, kita mencoba belajar dari Riau. Karena di tahun 2021 Sumbar diprediksi ekonominya masih relatif terkontraksi," tuturnya.